Mengenal KKB Papua yang Tengah Memanas, Apa Tujuannya? Pelajari Informasinya di Sini

Mengenal KKB Papua yang Tengah Memanas, Apa Tujuannya? Pelajari Informasinya di Sini

Mengenal KKB Papua yang tengah memanas, apa tujuannya? Pelajari informasinya di sini--(Sumber Foto : Doc/BETV)

BETVNEWS - Setelah kembali memanas akibat penyerangan terhadap Tentara Indonesia, mungkin banyak yang masih bertanya-tanya apa itu KKB Papua dan tujuannya melakukan penyerangan-penyerangan ini. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? 4 Alasan Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas, Ternyata Karena Hal Ini

KKB merupakan singkatan dari Kelompok Kriminal Bersenjata yang sebelumnya dikenal dengan nama Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang sejak lama menginginkan Papua lepas dari NKRI

Gerakan ini telah ada sejak lama dan menjadi sejarah panjang dalam melakukan aksi kekerasan dan juga teror yang terus memakan korban yang berasal dari berbagai kalangan, seperti polisi, TNI, hingga warga sipil. 

BACA JUGA:Haru Iringi Pemakaman Pratu M. Fadli yang Gugur Diserang KKB Papua

KKB Papua sendiri sejak tahun 2021 lalu telah ditetapkan oleh pemerintas sebagai kelompok teroris dengan referensi UU Nomor 5 Tahun 2018 lalu dalam Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR RI. 

Berkat ramai korban yang berjatuhan menyebabkan KKB Papua digambaran sebagai gerakan separatis yang sering memakan korban jiwa dan meresahkan warga setempat akibat aksi mereka. 

BACA JUGA:Markas KKB Sudah Diketahui, Upaya Penyelamatan Pilot Susi Air Tidak Dengan Perang, Ternyata Ini Pertimbanganya

Sebelum berubah nama menjadi KKB, saat itu kelompok ini dikenal sebagai Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang telah berdiri sejak tahun 1965 yang bertujuan untuk mengakhiri pemerintahan Provinsi Papua dan Papua Barat yang saat itu dikenal sebagai Irian Jaya. 

Organisasi ini memiliki keinginan yang kuat untuk melepaskan dari Indonesia sehingga mereka acap kali menyuarakan tentang referendum agar dapat merdeka dari NKRI. 

BACA JUGA:KKB Papua Ancam Tembak Pilot Susi Air Kapten Philips, Jika 2 Bulan Tidak Ada Negosiasi

OPM ini beberapa kali melakukan berbagai gerakan kriminal yang memakan korban jiwa demi melancarkan keinginan mereka dan mencapai tujuan tersebut. 

Saat kasus ini naik ke permukaan, pemerintah akhirnya mengambil jalan tengah dengan mengeluarkan kebijakan yang memberikan otonomi khusus pada Papua serta menggelontorkan anggaran besar. 

BACA JUGA:Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua, Ternyata Baru Menikah Seminggu Sebelum Bertugas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: