Pasar Panorama di Hari Lebaran Kelima Masih Tampak Lengang, Ini Sebabnya

Pasar Panorama di Hari Lebaran Kelima Masih Tampak Lengang, Ini Sebabnya

Suasana Pasar Panorama di Kota Bengkulu tampak lebih lengang dibandingkan hari-hari biasa pada hari kelima lebaran, Minggu 14 April 2024 ini.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Suasana Pasar Panorama di Kota BENGKULU tampak lebih lengang dibandingkan hari-hari biasa pada hari kelima lebaran, Minggu 14 April 2024 ini.

Sebab banyak pedagang yang memilih untuk mudik atau mengambil waktu libur selama lebaran tahun ini.

BACA JUGA:Pedagang Dadakan Bermunculan di Tempat Wisata Kota Bengkulu, Omzet Meningkat Berkali-kali Lipat

Berdasarkan pantauan dari BETV, beberapa lapak di Pasar Panorama terlihat tutup. Terutama di ruko-ruko yang biasanya menjual pakaian dan aksesoris pribadi. 

Di sisi lain, pedagang yang menjual barang-barang sembako untuk keperluan dapur masih terlihat ramai seperti biasa. 

BACA JUGA:Wisatawan Pantai Laguna Kaur Diimbau Waspadai Sengatan Ubur-ubur

Menurut salah satu tim keamanan sekaligus juru parkir Naufal, sekitar 10 persen dari total 520 pedagang di Pasar Panorama memilih untuk libur selama Lebaran.

"Kebanyakan yang tutup adalah pedagang yang menjual pakaian dan aksesoris" ujar Naufal. 

BACA JUGA:Peternak Sapi di Seluma Cuan di Hari Raya Idul Fitri, Raup Pendapatan hingga Puluhan Juta

Tambah Naufal, aktivitas jual beli sembako seperti buah-buahan dan sayuran masih terbilang stabil. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan pembelian dari pelaku usaha pariwisata seperti restoran dan hotel untuk melayani wisatawan yang berlibur ke Kota Bengkulu.

"Penurunan aktivitas berdagang paling terasa pada jenis dagangan kuliner atau jajanan ringan. Sekitar 50 persen pedagang tidak berdagang selama libur Lebaran," ujar Naufal Minggu 14 April 2024 pukul 14.56 WIB.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, Polres Rejang Lebong Penebalan Personel di Lintas Curup-Lubuk Linggau

Naufal mengatakan, pedagang jajanan yang memilih untuk libur mayoritas adalah pedagang yang berasal dari luar Kota Bengkulu. Mereka juga sudah menyampaikan izin mudik sejak H-7 lebaran.

"Namun bukan hanya pedagang jajanan saja yang menghilang. Sejumlah pedagang daging misalnya, juga belum menjajakan dagangannya alias tidak membuka lapak. Bahkan pedagang jenis ikan laut yang biasanya ada puluhan, hanya tersisa di kisaran empat pedagang, untuk semua yang mudik sudah laporan dan izin ke kita," ujar Naufal saat wawancara dengan BETV di Pasar Panorama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: