Pemprov Rancang Pelabuhan Pulau Baai Jadi Transportasi Barang dan Orang

Pemprov Rancang Pelabuhan Pulau Baai Jadi Transportasi Barang dan Orang

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Senin 15 April 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pelabuhan Pulau Baai terus diminta meningkatkan fasilitas pendukung guna mendungkung transportasi terutama angkutan barang

Selain barang, pengembangan menjadi pelabuahan transportasi orang juga diharapkan bisa mulai dikembangkan. 

BACA JUGA:Tol Sumatera Gelar Operasi Simpatik Saat Arus Balik Lebaran, Berikut Kendaraan yang Dibatasi Melintas

"Perlu mulai kita gagas pelabuhan Pulau Baai ini menjadi pelabuhan angkutan orang tidak hanya barang. Selama ini baru ada ke Pulau Enggano, kedepan mulai kita buka jalur ke Teluk Bayur, Merak dan lainnya. Karena Samudera Hindia ini luas dan model transportasi laut sangat memungkinkan," disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Senin 15 April 2024.

BACA JUGA:Ternyata KKB Awalnya Bukan Kelompok Kriminal, Inilah Tujuan Awal Pembentukan Organisasi dan Tokoh Pendirinya

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta manajemen Pelindo bertanggung jawab untuk menyiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk pengembangan Pelabuhan Pulau Baai. Seperti alur laut harus terjamin sepanjang tahun tetap terjaga dengan kedalaman yang menjadi standar. 

"Tanggung jawab Pelindo memastikan alur pelayaran normal sepanjang tahun. Kemudian penerapan operasi pelabuhan 24 jam, mulai melaksanakan sistem digital agar pelaku usaha merasa nyaman," kata Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Tambah Libur Lebaran ASN 2 Hari, Ini Penjelasannya

Untuk diketahui, Pelabuhan Pulau Baai saat ini telah melakukan ekspor moditas menggunakan kontainer langsung ke luar negeri. Sehingga lebih menghematkan biaya dan pengusaha akan diuntungkan.

Selain itu, kawasan Pelabuhan Pulau Baai juga telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Provinsi Bengkulu. Diharapkan menjadi sentral perekonomian Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Cari Lokan, Warga Desa Tanah Harapan Diterkam Buaya di Sungai Selagan

Sementara itu, General Manager (GM) Pelindo Regional II Bengkulu S. Joko mengatakan, saat ini Pelabuhan Pulau Baai telah menerapkan trasportasi angkutan orang ke Pulau Enggano.

"Kalau sekarang sudah ada transportasi angkutan orang baru ke Pulau Enggano," sampainya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: