Ternyata Inilah Asal Usul Bendera KKB Papua yang Dikenal dengan Nama Bintang Kejora, Apa Makna Dibaliknya?

Ternyata Inilah Asal Usul Bendera KKB Papua yang Dikenal dengan Nama Bintang Kejora, Apa Makna Dibaliknya?

Ternyata inilah asal usul bendera kkb papua yang dikenal dengan nama bintang kejora, apa makna dibaliknya?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Namun dalam perjalanannya, Manarmakeri justru mengalami penyakit yang membuatnya sekarat dan menderita hingga akhirnya ertemu dengan roh bintang kejora (Spirit of Morning Star) yang memintanya untuk membuat api unggun lalu masuk ke dalamnya. Setelah melakukan hal tersebut, Manarmakeri akhirnya sembuh. 

BACA JUGA:KKB Papua Ancam Tembak Pilot Susi Air Kapten Philips, Jika 2 Bulan Tidak Ada Negosiasi

Seiring perkembangan waktu, akhirnya Bintang Kejora dianggap sebagai sebuah simbol pengharapan oleh masyarakat Papua untuk mendapatkan kehidupan abadi seperti mitos Manarmakeri. 

Jika dilihat dari kacamata modern saat ini, simbol Bintang Kejora yang ada di dalam bendera itu menjadi simbol bendera gerakan kemerdekaan. 

Bendera tersebut memiliki makna 13 garis putih biru yang melambangkan 13 Provinsi pada tahun 1960 lalu. Sementara makna dari Bintang Kejora yang ada di atas garis warna merah itu melambangkan bangkitnya roh Bintang Kejora sebagai penyemangat untuk dapat keluar dari keterpurukan dan mendapatkan kebahagiaan. 

BACA JUGA:Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua, Ternyata Baru Menikah Seminggu Sebelum Bertugas

Demikian asal usul dan makna bendera KKB Papua. Bendera ini rupanya memiliki makna yang sangat bagus. 

Namun sangat disayangkan saat ini bendera Bintang Kejora justru menjadi sebuah bendera yang melambangkan separatisme dan gerakan terorisme sehingga menggiring stereotip masyarakat yang buruk. Semoga konflik ini segera selesai untuk kedua belah pihak dan tidak berlarut-larut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: