Kamu Perlu Tahu! Ini 9 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam, Salah Satunya Waktu Mustajab untuk Berdoa

Kamu Perlu Tahu! Ini 9 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam, Salah Satunya Waktu Mustajab untuk Berdoa

Ilustrasi. Inilah keutamaan hari Jumat dalam Islam yang perlu diketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada sejumlah keutamaan di Hari Jumat yang dapat diketahui, khususnya bagi umat Islam. Salah satunya yakni waktu mustajab berdoa.

Meski hari Jumat disebut sebagai hari yang istimewa, bukan berarti hari lainnya tidak baik. Namun, dalam Islam hari Jumat menjadi waktu yang baik untuk meningkatkan ibadah.

Sehingga berkah baginya yang menjalankan ibadah Jumat dengan niat yang tulus. Bagi laki-laki yang sudah baligh, berkewajiban untuk menunaikan sholat Jumat di hari Jumat.

BACA JUGA:Amalkan Bacaan Sholawat Ummi di Hari Jumat, Dosa-dosa hingga 80 Tahun pun Akan Diampuni, Masya Allah

Selain salat ada amalan ibadah lainnya yang bisa dikerjakan setiap Muslim. Sehingga hatinya akan tetap dekat kepada Allah SWT.

Salah satu amalan yang kerap dilakukan di hari Jumat adalah membaca surah Al-Kahfi. Dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW, tentang pentingnya hari Jumat sebagai hari yang istimewa, baik dalam mengerjakan ibadah maupun spiritualitas.

Dalam keutamaan hari Jumat, terdapat amalan yang dianjurkan bagi seluruh umat Muslim di Dunia, bahkan bisa mendatangkan pahala berlimpah. Sebagai hari yang istimewa bagi umat Islam, tidak hanya salat Jumat bagi kaum laki-laki, ada juga amalan sunah hari Jumat bagi wanita muslim.

BACA JUGA:4 Kisah dalam Surah Al Kahfi dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat, Insya Allah Terhindar dari Fitnah Dajjal

Istimewanya hari tersebut karena Adam diciptakan, di hari Jumat pula Adam dimasukkan ke dalam Surga, kemudian Adam dikeluarkan dari surga pada hari Jumat, Lalu di hari yang sama Kiamat akan terjadi.

Sehingga dalam hal ini, hari Jumat menjadi ladang amal dan pahala bagi mereka yang mengerjakan sunah di hari Jumat. Bagi siapa yang menjalankan amalan-amalan baik pada hari Jumat, akan mendapat rahmat dari Allah.

BACA JUGA:Berlimpah Keberkahan dan Pahala, Ini 8 Amalan Hari Jumat yang Penuh Keistimewaan, Segera Amalkan!

9 keutamaan hari Jumat dalam Islam

1. Waktu mustajab untuk berdoa

Dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: