Dinkes: Balita di Seluma Bengkulu Negatif Flu Singapura

Dinkes: Balita di Seluma Bengkulu Negatif Flu Singapura

Masda, Kabid P2PN Dinkes Seluma --(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma memastikan bahwa belum ditemukan kasus Flu Singapura di wilayah Seluma.

Sebelumnya terdapat informasi adanya balita di Kecamatan Sukaraja yang diduga menderita sakit dan gejala yang mirip flu Singapura, namun setelah dilakukan pengecekan hasilnya negatif.

Masda, Kabid P2PN Dinkes Seluma membenarkan hal tersebut.

Dikatakannya bahwa dinas bersama Tim Puskesmas Desa Cahaya Negeri telah melakukan peninjauan terhadap laporan masyarakat terhadap 1 orang balita berusia 1 tahun lebih, yang diduga terjangkit Flu Singapura di Kecamatan Sukaraja.

Pihaknya melakukan uji test Rapid Covid dan meminta keterangan orang tua yang bersangkutan.

Hasil tes dan penelusuran menunjukkan bahwa balita tersebut negatif terkena flu Singapura dan hanya mengalami sakit flu, batuk dan demam biasa saja.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Tengah Segera Rekrut Ulang PPK-PPS untuk Pilkada 2024

"Dari tinjauan tim kami di TKP, dan keterangan orang tua balita tersebut. Bahwa anaknya ini hanya mengalami batuk, flu dan demam biasa akibat berenang," ungkap Masda, Kabid P2PN Dinkes Seluma, Minggu 21 April 2024.

Kenanti demikian, meski hasil pemeriksaan ini dinyatakan negatif, dan Dinkes Kabupaten Seluma juga belum adanya menemukan pendataan adanya balita yang dinyatakan Positif terjangkit virus flu singapura di Kabupaten Seluma ini.

Ia menghimbau, untuk orang tua yang memiliki anak nya yang masi balita, dapat terus menjaga kesehatan dan memberikan anaknya dengan makan yang bernutrisi.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Tengah Segera Rekrut Ulang PPK-PPS untuk Pilkada 2024

Selain itu bila sang anak mengalami demam, batuk, flu dan juga ditemukan bercak-bercak merah di badan, tak perlu terlalu panik.

Orang tua diminta langsung membawa buah hatinya berobat dan diperiksa ke Puskemas terdekat.

"Kita imbau untuk orang tua yang memiliki anak masi balita, tidak perlu panik dengan adanya informasi terkait virus flu singapura ini. Namun bila anaknya mengalami demam, segera lakukan pengobatan ke Puskesmas dan di klinik terdekat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: