Cek di Sini! 5 Manfaat Bermain Catur yang Jarang Kamu Tahu, Ternyata Baik untuk Kesehatan Otak

Cek di Sini! 5 Manfaat Bermain Catur yang Jarang Kamu Tahu, Ternyata Baik untuk Kesehatan Otak

Ilustrasi. Manfaat bermain catur yang jarang diketahui, ternyata baik untuk kesehatan otak.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Permainan yang hingga kini masih populer di masyarakat adalah bermain catur. Diketahui catur kini menjadi salah satu cabang olahraga, lalu apa saja manfaat catur untuk kesehatan? Simak di sini.

Permainan ini hanya dimainkan untuk dua orang, dengan memiliki ketentuan dasar yang perlu diketahui. Sebagai olahraga otak, catur terdiri dari dua warna yakni hitam dan putih.

Sementara itu, untuk memainkannya digunakan sebuah papan persegi berisi 64 kotak dan 32 buah catur yang dibagi sama rata. Hal ini menarik untuk dimainkan, terlebih terbilang seru dan menyenangkan.

BACA JUGA:Dimainkan Dua Orang, Ternyata Bermain Catur Gampang Banget! Pemula Harus Tahu Cara Ini, Cek Aturan Dasarnya

Dalam berolahraga, tidak hanya fisik saja tentu otak manusia sangat perlu dilatih. Dua hal ini sangat penting dalam bermain catur yaitu strategi dan kecermatan, sehingga dalam proses permainannya kamu akan temukan ada beberapa manfaat ketika melakukan permainan tersebut.

Dilansir dari laman halodoc.com, berikut ini beberapa manfaat dalam bermain catur untuk kesehatan.

BACA JUGA:Kecil-kecil Cabe Rawit! Atlet Catur Termuda Asal Bengkulu Raih 2 Emas di Porwil Sumatera XI

1. Peningkatan konsentrasi dan daya ingat

Tentu tak asing lagi dengan olahraga satu ini, dengan membiasakan bermain catur bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan otak. Bagi anak-anak yang punya hobi bermain catur secara rutin dpat meningkatkan kembali memori visual serta konsentrasinya sejak dini. 

Tak hanya itu, dalam olahraga catur juga membutuhkan perhatian mendalam sehingga pikiranmu akan terfokus pada permainan saja. Kamu perlu untuk melatih fokus, sehingga pikiranmu tidak mudah teralihkan.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu, 5 Olahraga Tradisional Ini Hanya Ada di Indonesia, Salah Satunya Jemparingan

Di lain sisi, untuk menghasilkan kinerja lebih baik di manapun berada, entah itu di sekolah, tempat kerja, maupun situasi mendesak tertentu. Kemudian, bermain catur bisa melatih otak untuk tetap berpikir rasional walaupun berada pada situasi genting.

2. Sebagai olahraga otak

Dengan rajin melakukan permainan catur bisa membantu dalam olahraga otak. Selain itu juga dapat mencegah serangan penyakit demensia di hari tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: