Asal Mula Munculnya Donat, Camilan Enak dan Empuk Ini Dinikmati Banyak Orang, Masih Populer hingga Kini

Asal Mula Munculnya Donat, Camilan Enak dan Empuk Ini Dinikmati Banyak Orang, Masih Populer hingga Kini

Ilustrasi. Asal mula munculnya donat, camilan enak dan empuk ini dinikmati banyak orang, masih populer hingga kini.--(Sumber Foto: Pixabay/S. Bartels)

BETVNEWS - Tidak sedikit orang sangat suka dengan camilan enak dan empuk ini. Donat cukup digemari, dengan rasanya yang manis mampu membuat seseorang ketagihan.

Namun, tahukah kamu asal mula munculnya donat ini? Simak ulasannya di sini. Sebagaimana diketahui, donat adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung terigu.

Tidak hanya itu, kudapan ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Terlebih donat dapat disajikan dengan beragam topping di atasnya, lalu cara membuatnya pun cukup mudah.

BACA JUGA:Empuk dan Anti Gagal! Cek Resep Donat Super Endul di Sini, Bisa Pakai Toping Tiramisu, Auto Bikin Nagih

Camilan populer di Indonesia ini memiliki bentuk seperti cincin, kue tersebut cukup menggugah selera bagi penikmatnya. Ada dua cara untuk memasak donat, yakni kamu bisa menggoreng adonan ataupun dengan memanggangnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Disebutkan dalam beberapa catatan dan literatur sejarah, bahwa donat ini berasal dari Amerika Utara pada 1870, John Blandel sebagai orang yang memperoleh hak paten dalam cetakan donat pertama dengan lubang di bagian tengah.

BACA JUGA:4 Ide Resep Camilan Lebaran Simple, Renyah dan Enak! Cukup Siapkan Bahan Berikut

Namun, ternyata ada catatan lain yang mengatakan bahwa roti donat berasal dari Belanda. Masyarakat negara ini cukup gemar menyantap sajian roti berbentuk bulat ini dengan perpaduan rasa manisnya.

Tak hanya itu, ada juga yang berpendapat bahwa kudapan ini telah dikonsumsi orang-orang Yunani dan Romawi kuno, saat itu adonan kue tersebut mereka goreng dan dioleskan lapisan madu. Pada abad pertengahan, suku yang ada di Jerman zaman kuno juga pernah mengonsumsi makanan berbentuk bola.

BACA JUGA:Cobain Menu Sehat Puasa Ramadan, Cek Resep Cookies Oat Cashews di Sini, Camilan Enak Auto Bikin Kamu Kenyang

Sehingga asal usul dari santapan yang satu ini tidak begitu jelas, sebab kehadiran donat sudah ada sejak berabad-abad lalu, bahkan telah dikonsumsi oleh banyak orang di dunia.

Pada 1400-an roti yang digoreng tersebut telah populer di seluruh Eropa, terutama Belanda, Jerman, dan Inggris.

Pernah ditemukan oleh sejumlah arkeolog di Amerika, ada peninggalan yang erat kaitannya pada jenis makanan yang bentuknya mirip dengan donat di masa zaman pra sejarah.

BACA JUGA:Bisa Jadi Camilan Sehat Tengah Malam, Berikut 3 Resep Olahan Buah Pir yang Mudah Dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: