Pemprov Bengkulu Tetapkan Harga TBS Sawit Bulan Mei, Naik Jadi Rp2.576 per Kilogram

Pemprov Bengkulu Tetapkan Harga TBS Sawit Bulan Mei, Naik Jadi Rp2.576 per Kilogram

Kepala Sub Koordinator Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Yuhan Syahmeri, S.P., M.P.,--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi BENGKULU telah menetapkan harga TBS Sawit untuk bulan Mei 2024, yakni Rp2.576,95 per kilogram.

Harga tersebut ditetapkan dalam rapat yang berlangsung di Aula Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Jl. Jendral Basuki Rahmat Kota Bengkulu, pada 29 April 2024 lalu.


Kelapa sawit di Bengkulu.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi Pertanian, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Akan Salurkan Bantuan 1.118 Alsintan

Rapat ini dihadiri oleh 15 perwakilan Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) dari 31 PKS yang ada di Provinsi Bengkulu. Serta dihadiri juga oleh organisasi yang menaungi komoditas Kelapa Sawit seperti, Gapki, Apkasindo, dan Kadin.

Adapun landasan hukum dari rapat penetapan harga TBS sawit bulanan ini adalah Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 01/PERMENTAN/KH. 120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun. Dan

BACA JUGA:Harga Kopi di Provinsi Bengkulu Terus Melambung, Dinas TPHP Ungkap Penyebabnya

Peraturan Guberbur Bengkulu Nomor: 64 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, M. Rizon,, S.Hut., M.Si., melalui Kepala Sub Koordinator Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Yuhan Syahmeri, S.P., M.P., mengatakan, harga TBS kelapa sawit untuk bulan Mei 2024 Rp2.576,95 per kilogram. 

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Berikan Bantuan Bibit Padi ke Petani Lebong Terdampak Banjir

Harga ini naik bila dibandingkan dengan harga di Bulan April lalu di angka Rp2.447,09 per kilogram yang berarti harga ini mengalami kenaikan sebesar Rp.129,86.

"Harga TBS kelapa sawit pada periode Mei ini naik Rp.129,86 bila dibandingkan dengan harga di bulan April lalu," kata Yuhan Syahmeri, Rabu 1 Mei 2024.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Keluarkan Surat Edaran kepada 6 Bupati, Minta Awasi Pabrik Kelapa Sawit

Tambah Yuhan, dirinya juga berharap petani bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas hasil panennya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: