Daftar Atlet Bulu Tangkis yang Berhasil Raih Emas di Olimpiade, Ada Susi Susanti hingga Greysia Polii

Daftar Atlet Bulu Tangkis yang Berhasil Raih Emas di Olimpiade, Ada Susi Susanti hingga Greysia Polii

Ilustrasi. Atlet bulu tangkis yang sumbangkan mendali emas olimpiade untuk Indonesia.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut daftar atlet bulu tangkis yang berhasil raih mendali emas di berbagai Olimpiade sejak tahun 1992 hingga 2020.

Olaraga bulu tangkis sudah dimainkan sejak abad ke-19 di India, kemudian seiring berkembangnya zamn, permainan ini mulai menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Ada banyak atlet Indonesia berbakat yang berhasil mengikuti berbagai Olimpiade ternama, diantara yang paling terkenal adalah Susi Susanti.

BACA JUGA:Ini 6 Pebulu Tangkis Tertua yang Tampil di Kejuaraan Dunia, Ternyata Atlet Indonesia Termasuk

Bulu tangkis menjadi salah satu cabang olaraga yang menyumbang mendali emas terbanyak untuk Indonesia. Sejak tahun 1992 hingga sekarang, Indonesia sudah mengantongi 8 mendali emas Olimpiade.

Susi Susanti menjadi atlet bulu tangkis pertama yang menyumbang mendali emas untuk tanah air, ia keluar sebagai juara pertama katagori tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992.

Kemudian pada tahun yang sama Alan Budikusuma juga keluar sebagai pemenang mendali emas dengan katagori pemain tunggal putra di Olimpiade yang sama.

BACA JUGA:Cek Jadwal Lengkap Turnamen Bulu Tangkis BWF Bulan Mei 2024, Salah Satunya Ada Malaysia Masters

Berselang 4 tahun dari mendali emas pertama, Indonesia kembali berhasil membawa pulang mendali emas dari Olimpiade Atlanta tahun 1996 dengan kategori ganda putra oleh Rexy Mainaky dan Ricky Subagja.

Prestasi ini kemudian membawa nama Indonesia semakin dikenal oleh dunia, bahkan atlet bulu tangkis tanah air mulai dianggat ancaman pada saat itu.

Tidak hanya itu, prestasi ini juga menjadi motivasi bagi atlet bulu tangkis Indonesia yang lain untuk terus meningkatkan performanya agar dapat mengantongi mendali emas lainya.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Susi Susanti, Legenda Pebulu Tangkis Sekaligus Penyumbang Mendali Emas Pertama untuk Indonesia

Hal tersebut dibuktikan saat pasangan ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya berhasil meraih posisi pertama di Olimpiade Sydney pada tahun 2000.

Pasangan ini berhasil membangkitkan semangat atlet bulu tangkis lainnya untuk ikut membawa nama tanah air lebih jauh lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: