Mitos Memotong Kuku di Malam Hari, Sering Dianggap Pamali Karena Undang Makhluk Halus, Benarkah?

Mitos Memotong Kuku di Malam Hari, Sering Dianggap Pamali Karena Undang Makhluk Halus, Benarkah?

Mitos memotong kuku di malam hari, sering dianggap pamali karena undang makhluk halus, benarkah?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang masih percaya terhadap beragam jenis mitos, salah satunya mitos memotong kuku di malam hari

BACA JUGA:Mitos Mandi Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik, Benarkah Demikian? Cek Penjelasannya di Sini

Mitos ini menganggap jika memotong kuku atau menggunting kuku di malam hari merupakan suatu tindakan yang buruk dan dapat membawa petaka bagi mereka yang melakukannya. 

Hal ini lantaran kuku dianggap sebagai salah satu bagian penting yang melindungi bagian tubuh dari berbagai hal buruk sehingga jika mengguntingnya di malam hari dapat mengganggu stabilitas dan keamanan yang dimiliki oleh manusia. 

BACA JUGA:Benarkah Mitos Menyapu Tidak Bersih Bisa Dapat Suami Brewokan? Simak Penjelasannya di Sini

Selain menyebabkan hal buruk, mitos ini juga ada sebagai salah satu cara yang digunakan oleh orang tua untuk mengajari anak mereka etika serta sopan santun. 

Oleh sebab itu, mutos-mitos semacam ini serta beragam mitos lainnya yang ada di Indonesia ada agar anak-anak dapat terbiasa menjalani tradisi dan juga menghormati kepercayaan orang tua. 

BACA JUGA:Benarkah Mitos Duduk di Atas Bantal Bikin Bisulan? Cek Penjelasannya di Sini

Mitos juga seringkali erat kaitannya dengan primbon Jawa. Masyarakat Jawa telah lama dikenal memegang erat tradisi leluhur temasuk terhadap mitos-mitos dan juga kepercayaan yang ada. 

Lantas apa arti dari mitos memotong kuku di malam hari ini? Simak penjelasannya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah, Benarkah Akan Ada Tamu Istimewa? Simak Penjelasannya di Sini

Arti Mitos Memotong Kuku di Malam Hari

Terdapat banyak sekali kepercayaan mengenai kuku yang tersebar dan dipercayai oleh beragam kalangan hingga berbagai negara. 

Salah satu budaya mempercayai jika kuku panjang serta bentuk kuku dapat mempengaruhi nasib seseorang. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa kepercayaan yang perccaya jika kuku panjang membawa keberuntungan sementara kuku patah merupakan suatu pertanda buruk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: