KPU

Lebaran Idul Adha 2024 Sebentar Lagi, Cek Jadwal Pemerintah dan Muhammadiyah di Sini

Lebaran Idul Adha 2024 Sebentar Lagi, Cek Jadwal Pemerintah dan Muhammadiyah di Sini

Ilustrasi. Jadwal lebaran Idul Adha 2024 versi pemerintah dan Muhammadiyah.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Setelah hari raya Idul Fitri, umat Islam disambut dengan kedatangan hari raya kurban atau dikenal juga Idul Adha. Perayaan ini dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah berdasarkan kalender Hijriah.

Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa lebaran Idul Adha akan berbeda-beda setiap tahunnya menurut penanggalan Masehi. Lantas kapan hari raya tersebut dilaksanakan? Simak jadwal pemerintah dan Muhammadiyah di sini.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Peternak Gangsar Seluma Sejahtera Siapkan Sapi Kurban untuk Presiden

Penetapan perayaan lebaran umat Islam ini ditentukan oleh pemerintah dan beberapa organisasi Islam seperti Muhammadiyah. Keduanya memiliki metode tersendiri, sehingga kerap kali berbeda. 

Melansir situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), Idul Adha terbagi dua yakni Idul dan Adha. Id berasal dari bahasa Arab aada (yauudu) yang bermakna kembali. 

BACA JUGA:Libur Idul Adha, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Himbau Waspada Dalam Berwisata

Sementara Adha ialah jamak dari kata adhat dan berasal dari kata udhiyah yang berarti kurba. Sehingga dapat disimpulkan Idul Adha adalah kembali berkurban atau perayaan penyembelihan hewan kurban.

Idul Adha sangat erat dengan kisah teladan antara Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Sebagaimana kisahnya yang menceritakan tentang pengorbanan Nabi Ismail kala itu. Nabi Ibrahim yang kemudian bersedia untuk mengorbankan putranya tersebut karena atas perintah Allah SWT.

BACA JUGA:Idul Adha 2023, Hewan Kurban di Provinsi Bengkulu Meningkat, Segini Jumlahnya

Ada hikmah dibalik peristiwa tersebut, saat itu Nabi Ismail sudah dalam posisi terikat kedua tangan dan kakinya di lantai. Kemudian dengan yakin, Nabi Ibrahim pun sudah siap untuk menyembelih.

Namun, berkat sabar dan ikhlas karena Allah SWT, kemudian digantilah Nabi Ismail dengan domba yang langsung diturunkan dari langit. Kisah tersebut pun diterangkan dalam Al Quran Surah As-Shaffat ayat 107-110.

BACA JUGA:Semarak Berhari Raya, Ini 7 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu, Salah Satunya Halal Bihalal

Peristiwa tersebut telah menjadi sejarah hingga kemudian diperingati sebagai hari raya Idul Adha atau hari raya kurban. Tidak hanya itu, sebutan lainnya adalah lebaran haji. 

Berikut ini jadwal perayaan lebaran Idul Adha 2024 versi pemerintah dan Muhammadiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: