dempo

Hore! Lulusan SMA Punya Peluang Ikut CPNS 2024, Ini Cara Daftarnya

Hore! Lulusan SMA Punya Peluang Ikut CPNS 2024, Ini Cara Daftarnya

Hore! Lulusan SMA punya peluang ikut CPNS 2024, ini cara daftarnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 untuk lulusan SMA telah dibuka. Berikut informasi mengenai cara daftar CPNS 2024 lulusan SMA.

BACA JUGA:Siapkan Rapor! CPNS Kedinasan 2024 Telah Dibuka, Simak Syarat dan Alur Pendaftarannya

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ini terbuka bagi lulusan jenjang SMA/SMK/sederajat, S1, S2, hingga S3 dari berbagai jurusan.  

Sama seperti pendaftaraan untuk jenjang pendidikan lain, kamu yang lulusan SMA juga perlu melakukan registrasi pada laman resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). 

BACA JUGA:Dibuka 15 Mei 2024, Ini Formasi Lengkap CPNS Kedinasan 2024, Ketahui Sebelum Mendaftar

Melakukan registrasi melalui laman resmi SSCASN ini penting dilakukan agar dapat mencegah kemungkinan terjadinya penipuan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. 

Kamu juga perlu tahu jika di tahun 2024 ini, pembukaan untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tidak hanya untuk CPNS saja melainkan juga untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK). 

BACA JUGA:Seleksi CPNS Kedinasan 2024 Resmi Dibuka Hari Ini, Ini Jadwal Lengkapnya

Saat ini pemerintah telah membuka selesksi CASN dengan jumlah formasi mecapai 2,3 juta di tahun 2024 ini. formasi tersebut terdiri dari 690 ribu CPNS dan 1,6 juta PPPK. 

Dari jumlah lowongan yang tersedia, sebanyak 225.000 dibuka untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sementara itu, lowongan PPPK dibuka untuk dapat menyelesaikan permasalahan tenaga honorer. 

BACA JUGA:Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar CPNS Kedinasan 2024, Cukup Buka Laman SSCASN BKN

Tahap seleksi ini akan dilakukan dalam tiga tahap atau tiga periode. Periode pertama untuk sekolah kedinasan, periode kedua untuk CPNS dan PPPK, lalu periode ketiga merupakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan juga PPPK. 

Lantas bagaimana cara daftar CPNS untuk lulusan SMA/SMK/sederajat dan apa saja formasi serta syarat yang diperlukan? Simak informasinya yang telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Ternyata Mudah Banget! Ini Cara Buat Akun SSCASN untuk Daftar CPNS 2024, Bisa Pakai HP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: