KPU

DD Tahap Pertama Cair, Dana Rp64,9 Miliar Disalurkan ke 162 Desa di Seluma

DD Tahap Pertama Cair, Dana Rp64,9 Miliar Disalurkan ke 162 Desa di Seluma

Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Seluma telah menyalurkan Rp64,9 miliar dana desa (DD) tahap pertama yang sudah masuk ke rekening kas 162 desa di Kabupaten Seluma.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Seluma telah menyalurkan Rp64,9 miliar dana desa (DD) tahap pertama yang sudah masuk ke rekening kas 162 desa di Kabupaten Seluma.

Hal tersebut disampaikan oleh Sumiati Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Seluma, Minggu 19 Mei 2024.

BACA JUGA:Kelompok Kepentingan: Kekuasaan dan Kedudukannya dalam Sistem Politik

"Kami sudah memproses 162 desa di Kabupaten Seluma total anggaran yang telah disalurkan sebanyak Rp64,9 miliar DD tahap pertama. Sedangkan 20 desa lagi saat ini masih kami tunggu usulannya. Setiap usulan yang masuk jika semua syaratnya lengkap langsung kami proses," kata Kepala BKD Seluma. 

BACA JUGA:Kebakaran Lahap 5 Ruko di Bengkulu Utara, Berikut Data Korban Terdampak

Sumiati mengatakan, semua desa yang telah mencairkan dana desa tahap pertama, sudah bisa melaksanakan progres pembangunan di desa.

"Bagi 162 desa yang sudah mencairkan DD tahap pertama sudah bisa melakukan pembangunan," lanjutnya. 

BACA JUGA:Jalan Lintas Lebong-Curup Nyaris Putus Ditutup Sementara, Mobil Dilarang Lewat

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto mengatakan, pihaknya sudah meminta seluruh desa untuk segera mengusulkan pencairan DD tahap pertama. 

Mengingat sebentar lagi sudah memasuki pertengahan tahun. Karena sampai pertengahan bulan Mei ini, masih ada desa yang belum melakukan proses pengajuan pencairan. 

Artinya sejak Januari masih banyak pemerintah desa yang belum bergerak.

BACA JUGA:Jalan Lintas Lebong-Curup Retak Parah, 1 Truk Muatan Alat Berat Tersangkut Butuh Evakuasi

Dikatakannya, pada tahun ini pencairan Dana Desa hanya dilakukan 2 kali dalam setahun.

"Pencairan DD dan ADD tahun ini 2 kali setahun, tapi ini sudah masuk pertengahan tahun masih banyak desa yang belum mengajukan pencairan. Semoga dalam waktu dekat ini Desa yang belum mengajukan dana desa tahap I segera melengkapi administrasi dan sampaikan ke DPMD, agar proses pencairan dan pembangunan di desa bisa terlaksana," sampainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: