dempo

Harga 2 Komoditas Pertanian di Seluma: TBS Sawit Turun, Biji Kopi Makin Naik

Harga 2 Komoditas Pertanian di Seluma: TBS Sawit Turun, Biji Kopi Makin Naik

Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Kabupaten Seluma mengalami penurunan dari semula harga Rp2.400 menjadi Rp1.900 per kilogram di tingkat petani.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Kabupaten Seluma mengalami penurunan dari semula Harga Rp2.400 menjadi Rp1.900 per kilogram di tingkat petani.

Pugantara salah satu toke sawit mengatakan, saat ini harga TBS sawit di kalangan petani mayoritas di Kabupaten Seluma di harga Rp1.900 per kilogram. Harga tersebut mengalami penurunan dibanding sebelumnya Rp2.400 per kg.

Sedangkan untuk harga di pabrik saat ini, pada Minggu 19 Mei 2024 berada di angka Rp2.260 hingga Rp2.730 per kg.

BACA JUGA:Jadi Rebutan di Pilkada, Begini Cara Menggaet Suara Anak Muda Menurut Pengamat Politik

"Kalau saat ini Rp 1.900 per kg diambil toke dari petani, harga tersebut sudah alami penurunan, sebelumnya di angka Rp 2.400 per kg. Kalau untuk TBS sudah mulai normal hasil sawit tidak mengalami trek parah seperti sebelumnya, kini petani kurang mengeluh dengan harga ataupun hasil TBS," kata Pugantara Toke Sawit, Minggu 19 Mei 2024.

BACA JUGA:Warga Seluma Pengidap Tumor Ganas, Butuh Bantuan untuk Biaya Pengobatan ke Palembang

Lanjutnya, meskipun saat ini harga sawit turun, tetapi tandan buah segar (TBS) sawit sudah mulai berbuah normal usai mengalami trek berkepanjangan selama beberapa bulan.

"Harga memang turun, tapi buah sawit sekarang sudah mulai normal hasil panen sudah banyak. Musim trek sudah berakhir," kata Pugantara. 

BACA JUGA:DD Tahap Pertama Cair, Dana Rp64,9 Miliar Disalurkan ke 162 Desa di Seluma

Harga komoditas tersebut berbanding terbalik dengan Harga komoditas biji kopi di Seluma. Dimana harga kopi semakin hari semakin mengalami kenaikan

Diketahui, saat ini harga biji kopi sudah di angka Rp60.000-Rp64.000 per kilogram.

Pastinya dengan kenaikan ini petani kopi di Kabupaten Seluma merasa untung apalagi kini sudah mulai memasuki panen raya kopi. 

BACA JUGA:Kelompok Kepentingan: Kekuasaan dan Kedudukannya dalam Sistem Politik

Hal ini disampaikan Deko (36) petani kopi asal Kabupaten Seluma yang berkebun di Desa Padang Capo Kecamatan Lubuk Sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: