KPU

Uniknya, Ini 5 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Mulai dari Mendandani hingga Manten Sapi

Uniknya, Ini 5 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Mulai dari Mendandani hingga Manten Sapi

Ilustrasi. Tradisi unik perayaan Idul Adha di berbagai negara, mulai dari mendandani hingga manten sapi.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Umat Islam sebentar lagi akan menyambut kedatangan Hari Raya Idul Adha. Ternyata tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara juga memiliki tradisi unik perayaannya.

Perayaan Idul Adha kerap kali disebut juga sebagai Hari Raya Kurban, yang dilaksanakan setiap tahun pada 10 Dzulhijjah. Tidak hanya di Indonesia, di negara lain juga merayakan Idul Adha.

Selain Idul Fitri, perayaan ini juga menjadi momen yang sangat dinantikan umat Islam. Bedanya, Hari Raya Idul Adha tidak ada puasa 30 hari, namun setiap orang bisa menjalani puasa Arafah.

BACA JUGA:Begini Cara Menyembelih Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha

Melansir berbagai sumber, berikut ini beberapa tradisi unik perayaan Idul Adha di berbagai negara.

1. Hari Raya Idul Adha di Pakistan

Berbeda dengan Indonesia, Negara Pakistan merayakan Idul Adha selama 4 hari secara berturut-turut. Hal ini dilakukan karena sekaligus menjalani puasa Arafah.

Uniknya di negara Pakistan, ada tradisi memandikan dan mendandani hewan kurban sebelum akhirnya disembelih. Tujuan dari tradisi tersebut adalah bisa menjaga kesehatan hewan kurban, selain itu juga sebagai penghormatan Nabi Ibrahim AS.

BACA JUGA:Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap dengan Bacaanya, Ini Anjuran yang Harus Dilakukan Umat Islam

2. Hari Raya Idul Adha di Maroko

Selanjutnya di Maroko, tradisi di negara ini tak jauh beda dengan Indonesia yakni juga membuat masakan olahan daging kurban. Kalau di Indonesia orang banyak memasak gulai, rendang, hingga sate.

Sementara di Maroko, penduduknya sangat suka membuat mrouzia dan boulfaf. Hidangan ini dibuat dengan daging sapi dan domba, kemudian dicampur oleh rempah-rempah, kemudian direbus atau dibakar.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha Sebentar Lagi, Ini 5 Cara Memilih Hewan Kurban Berkualitas dan Sehat

Selain enak, hidangan ini menjadi favorit penduduk Maroko, hingga tak bosan menyantapnya selama tiga hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: