dempo

6 Keutaman Puasa Tarwiyah yang Sayang Dilewatkan, Amalan Paling Dicintai Allah SWT

6 Keutaman Puasa Tarwiyah yang Sayang Dilewatkan, Amalan Paling Dicintai Allah SWT

Ilustrasi. Keutamaan puasa Tarwiyah yang sayang dilewatkan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Muslim wajib tahu keutamaan melaksanakan puasa Tarwiyah di bulan Zulhijjah, jangan sampai terlewat cek penjelasannya di sini.

Puasa Tarwiyah adalah kegiatan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu di hari Tarwiyah atau tanggal 8 bulan Zulhijjah. Puasa ini merupakan salah satu sunnah yang dianjurklan kepada umat muslim yang tidak pergi haji.

Umat muslim yang melaksanakan puasa ini akan mendapatkan banyak imbalan yang istimewa dari Allah SWT. Salah satunya adalah dapat melatih diri untuk menahan nafsu.

BACA JUGA:10 Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha, Istana Surga Jaminannya

Dengan memiliki kemampuan pengendalian diri yang baik maka hal-hal positif akan lebih banyak datang.

Tidak hanya itu, melaksanakan puasa Tarwiyah sama dengan puasa setahun penuh, sungguh luar biasa imbalan yang diberikan ketika melaksanakan sunnah Rasul yang satu ini.

Hanya dengan melaksanakan puasa 1 hari di tanggal 8 Zulhijjah bisa mendapatkan banyak pahala dan tentunya barang siapa yang melaksanakan puasa Tarwiyah akan lebih dekat kepada Allah SWT.

Dilansir dari laman resmi yatimmandiri.org, berikut keutamaan puasa Tarwiyah yang sayang dilewatkan:

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri

1. Bagaikan Puasa Setahun Penuh

Keutamaan puasa Tarwiyah yang pertama adalah bagaikan puasa setahun penuh. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa puasa Tarwiya dihitung setara dengan puasa selama setahun di hari biasa.

Hal ini diriwayatkan di dalam hadist yang mengatakan barang siapa yang melaksanakan puasa Tarwiyah sama dengan pusa setahun penuh. 

Keutamaan pertama yang akan didapatkan seseorang dalam melaksanakan puasa Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah adalah bagaikan puasa setahun. (HR. Ali Al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

BACA JUGA:Catat! Ini Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Sholat Idul Adha yang Benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: