dempo

Dorong Program PAT, Dinas TPHP Bakal Perluas Areal Tanam Padi di Wilayah Enggano

Dorong Program PAT, Dinas TPHP Bakal Perluas Areal Tanam Padi di Wilayah Enggano

Pemerintah Provinsi (Pemprov) berencana melakukan program Perluasan Areal Tanam (PAT) padi di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU, M. Rizon mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) berencana melakukan program Perluasan Areal Tanam (PAT) padi di Pulau Enggano Kabupaten BENGKULU Utara. 

Hal tersebut dilatarbelakangi keinginan masyarakat yang menginginkan PAT di wilayah tersebut serta atas inisiasi oleh Danrem Gamas.


Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BACA JUGA:Beasiswa SDM Sawit Kementan RI Dibuka, DTPHP Provinsi Bengkulu Minta Masyarakat Segera Mendaftar

"Kita telah melakukan rakor multi sektor terkait perluasan areal cetak sawah di wilayah Enggano, pendataan juga telah kita lakukan. Ada beberapa lokasi di sana yang sangat potensial termasuk salah satunya desa Banjarsari dengan luasan lahan 800 hektar," kata Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon, Rabu 22 Mei 2024.

BACA JUGA:Harga Kopi di Bengkulu Tembus Rp60.000, Dinas TPHP Harap Petani Pertahankan Kualitas

Tambah M. Rizon untuk tahap pertama akan dilakukan penanaman seluas 25 hektar terlebih dahulu. Adapun jenis bibit padi yang akan ditanam yaitu benih padi gogo dan padi untuk lahan basah.

"Dalam waktu dekat ini akan dilakukan penanaman awal untuk demplot sekitar 25 hektar terlebih dahulu," tambahnya.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Catat Produksi Panen Kopi Meningkat Tembus 3 Ton

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu mendorong optimalisasi program Perluasan Areal Tanam (PAT) padi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Dari dua program tersebut, setidaknya menargetkan sekitar 24 ribu hektare perluasan areal tanam di wilayah Bengkulu. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: