dempo

9 Perkara Ini Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Nomor 1 Memotong Kuku, Cek Alasannya

9 Perkara Ini Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Nomor 1 Memotong Kuku, Cek Alasannya

Ilustrasi. Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang paling dimuliakan oleh Allah SWT, berikut hal-hal yang dilarang pada bulan ini.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam tahun Hijiriah dan menjadi salah satu yang paling istimewa, oleh karena itu ada bebarapa hal yang dilarang pada bulan ini untuk menjaga keistimewaannya.

Salah satu perkara yang tidak diperbolekan pada bulan ini adalah memotong kuku bagi yang berkurban. Sebagai informasi bahwa pada bulan Dzulhijjah umat muslim dapat melaksanakan ibadah kurban, atau ibadah yang dilakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai bukti cinta dan ketaatan pada-Nya.

BACA JUGA:5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah, Salah Satu Bulan yang Paling Dimuliakan Allah SWT

Ibada kurban dilatar belakangi oleh nabi Ibrahim yang bermimpi, dimana di dalam mimpi tersebut Allah SWT memerintahkannya untuk mengurbankan anaknya Isma'il.  Sebagai bukti kepatuhannya kepada Allah SWT, nabi Ibrahim akhirnya mengurbankan anaknya, namun sebelumnya Allah telah mengganti Isma'il dengan domba.

Semenjak saat itu setiap tanggal 10 di bulan Dzulhijjah umat muslim dapat menjalankan ibadah kurban, namun bagi yang ingin berkurban dilarang memotong kuku agar ibadah kurban tersebut diterima oleh Allah SWT.

Ada banyak perkara lain yang dilarang pada bulan Dzulhijjah diantaranya adalah memotong rambut, melalaikan waktu beramal, berbuat dzalim, riya, tidak mandi sebekum sholat Idul Adha, dan lainnya.

BACA JUGA:Puasa Arafah: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Dilansir dari sonora.id, berikut perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah:

1. Memotong Kuku Bagi yang Berkurban 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah yang pertama adalah memotong kuku bagi yang melaksanakan ibadah kurban. Hal ini tertuang di dalam hadis riwayat Muslim no. 1997.

Pada hadis tersebut dikatakan bahwa bagi yang ingin berkurban terhitung pada tanggal 1 sampai hari berkurban dilarang memotong rambut dan kuku.

BACA JUGA:10 Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha, Istana Surga Jaminannya

2. Memotong Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: