dempo

Jangan Asal Pilih Hewan Kurban, 5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan, Apa Saja?

Jangan Asal Pilih Hewan Kurban, 5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan, Apa Saja?

Ilustrasi. Jangan asal pilih hewan kurban, beberapa hal ini perlu diperhatikan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Misalnya saja kambing atau domba, umur yang diperbolehkan dan sesuai kriteria yakni minimal berumur 1 tahun. Sementara, jika berkurban sapi atau kerbau, umur yang disyaratkan harus sudah berumur 2 tahun.

Untuk mengetahui umur hewan kurban tersebut bisa melalui catatan kelahiran ternak si pemilik. Cara lainnya yakni dengan memastikan pada gigi hewan, terlihat saat gigi susu kambing atau domba yang tanggal; (dua gigi susu di depan).

BACA JUGA:5 Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha, Mulai dari Waktu Pelaksanaan hingga Ketentuan Bertakbir

Hal tersebut dapat menandakan bahwa hewan kurban sudah berumur 12-18 bulan, sementara sapi atau kerbau sekitar 22 bulan.

3. Hewan kurban tidak kurus

Selain dilihat dari umur, cara memilih hewan kurban berikutnya adalah hewan tersebut tidak kurus. Sehingga penting untuk melihat kondisi fisiknya dan pastikan calon hewan kurban mempunyai nafsu makan yang terjaga, mata sehat, lincah, dan bulunya tidak kusam.

BACA JUGA:10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah, Pengampunan Dosa Masa Lalu Imbalannya

Pilihlah jenis hewan yang gemuk dan terlihat dalam kondisi sehat, dengan begitu dapat dipastikan bahwa hewan tersebut tidak meliki tanda-tanda penyakit.

4. Patikan hewan ternak

Untuk ikut berkuban menyambut hari raya Idul Adha, penting bagi setiap orang untuk memastikan hewan kurbannya. Hewan ternak yang boleh dikurbankan dalam Islam yakni kambing, domba, unta, sapi, dan kerbau.

BACA JUGA:10 Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha, Istana Surga Jaminannya

Sejumlah hewan tersebut tentunya sudah memnuhi syarat dan ketentuan sebagai hewan yang layak untuk disembelih nantinya.

5. Hewan kurban tidak cacat

Pastikan untuk memilih hewan kurban yang sehat dan tidak cacat. Hindari jenis hewan yang memiliki tanda penyakit, seperti kudis, kurang nafsu makan, demam, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, lemas, hingga diare dan tanda lainnya.

BACA JUGA:7 Ide Hidangan Lebaran Idul Adha Paling Favorit, Ada Rendang hingga Nasi Kebuli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: