KPU

Bulan Dzulhijjah Paling Dimuliakan Allah SWT, Cek 5 Keutamaannya di Sini

Bulan Dzulhijjah Paling Dimuliakan Allah SWT, Cek 5 Keutamaannya di Sini

Ilustrasi. Keutamaan bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang paling dimuliakan Allah SWT, yuk simak keutamaan apa saja yang terdapat di dalam bulan ini.

Sebagai informasi, bulan dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam perhitungan tahun hijiriyah. Terdapat banyak amalan sunnah yang menawarkan imbalan luar biasa dalam 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

BACA JUGA:3 Resep Rendang Mantul untuk Idul Adha, Empuk dengan Bumbu Meresap, Pasti Ketagihan

Salah satu amalan sunnah yang paling terkenal di bulan ini adalah lebaran Idul Adha atau hari raya umat muslim dalam memperingati pristiwa bukti ketaatan nabi Ibrahin kepada Allah SWT.

Pada tanggal 10 Dzulhijjah, nabi Ibrahim diperhintakan untuk mengurbankan anaknya oleh Allah SWT. Namun sebelum nabi Ibrahim menyembelih anaknya, Allah SWT telah terlebih dahulu menggantinya dengan seekor domba.

Oleh karena itu, Idul Adha dimaknai sebagai hari pengurbanan yang disimboliskan oleh ibadah kurban. Daging hewan kurban yang dikurbankan akan dibagikan kepada saudara yang kekurangan.

BACA JUGA:Kurban Hari Raya Idul Adha Dapat Membawa Keberkahan, Cek Manfaatnya dalam Kehidupan

Bagi muslim yang mengerjakan ibadah kurban akan mendapatkan syafaat luar biasa yakni, hewan yang dikurbankan akan menjadi kendaraan menuju surga.

Tidak hanya itu, pada bulan Dzulhijjah juga terdapat puasa Arafah, puasa Tarwiyah yang jika dikerjakan oleh seorang muslim akan mendapatkan imbalan berupa penghapusan dosa dan istana di surga.

Itulah mengapa bulan Dzulhijjah menjadi bulan yang paling dimuliakan oleh Allah SWT, karena ada banyak amalan yang bisa diamalkan umat muslim sebagai bentuk rasa cinta dan ketaatannya kepada Allah SWT.

Dilansir dari laman resmi bankmegasyariah.co.id, berikut keutamaan bulan Dzulhijjah:

BACA JUGA:5 Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha, Mulai dari Waktu Pelaksanaan hingga Ketentuan Bertakbir

1. Salah Satu Bulan yang Dimuliakan

Keutamaan bulan Dzulhijjah yang pertama adalah menjadi salah satu bulan yang paling dimuliaka Allah SWT. Hal tersebut karena pada bulan ini ada banyak pristiwa baik yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: