dempo

Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Ini 9 Perkara yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah

Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Ini 9 Perkara yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah

Ilustrasi. Prihal yang dilarang pada bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sesuai tuntunan Rasulullah SAW, ada beberapa perkara yang tidak boleh dilakukan pada bulan Dzulhijjah, simak di sini.

Bulan Dzulhijjah adalah bulan terakhir di tahun Hijiriah, pada bulan ini ada banyak amalan sunnah yang dapat diamalkan oleh umat muslim.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW melarang umatnya melakukan beberapa hal ini agar senantiasa mengejar Rahmat-Nya pada bulan yang mulia ini.

Adapun perkara yang tidak boleh dilakukan pada bulan ini adalah memotong rambut bagi yang berkurban, agar ibadah kurban sah dan diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA: Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah, Amalan yang Dicintai Allah SWT

Selain itu, pada bulan Dzulhijjah Rasulullah menganjurkan umatnya untuk memperbanyak berdoa karena pada bulan Dzulhijjah semua doa yang dilantunkan akan dikabulkan.

Sesungguhnya nabi Muhammad sangat membenci orang nyang menyepelekan amalan sunnah. Itulah sebabnya pada bulan Dzulhijjah menyepelehkan amalan sunnah termasuk ke dalam perkara yang tidak diperbolehkan oleh Allah SWT.

Ada banyak perkara lain yang dilarang pada bulan Dzulhijjah diantaranya adalah memotong rambut, melalaikan waktu beramal, berbuat dzalim, riya, tidak mandi sebekum sholat Idul Adha, dan lainnya.

BACA JUGA:9 Keutamaan Puasa Arafah yang Sayang Dilewatkan, Ini Niat dan Tata Caranya

Dilansir dari sonora.id, berikut perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah:

1. Memotong Kuku Bagi yang Berkurban 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah yang pertama adalah memotong kuku bagi yang melaksanakan ibadah kurban. Hal ini tertuang di dalam hadis riwayat Muslim no. 1997.

Pada hadis tersebut dikatakan bahwa bagi yang ingin berkurban terhitung pada tanggal 1 sampai hari berkurban dilarang memotong rambut dan kuku.

2. Memotong Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: