dempo

Program Beasiswa Kuliah Gratis Perangkat Desa Segera Dibuka Pemprov Bengkulu, Tersedia 100 Kuota

Program Beasiswa Kuliah Gratis Perangkat Desa Segera Dibuka Pemprov Bengkulu, Tersedia 100 Kuota

Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mengumumkan bahwa program beasiswa kuliah gratis untuk perangkat desa akan kembali dibuka pada tahun ini.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi BENGKULU telah mengumumkan bahwa program beasiswa kuliah gratis untuk perangkat desa akan kembali dibuka pada tahun ini.

Dalam program ini, sebanyak 100 perangkat desa akan diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi secara gratis, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan pemerintahan desa.

BACA JUGA:PPP Pastikan Jadi Pemenang Pileg di Benteng Usai PAN Cabut Permohonan di MK

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Siswanto, S.Sos, M.Si, program beasiswa ini akan membuka pendaftaran sekitar bulan Juni atau Juli 2024. Para perangkat desa yang berminat harus memenuhi syarat minimal telah berkecimpung dalam pemerintahan desa selama minimal 2 tahun.

"Pendaftaran nantinya akan dilakukan melalui Dinas PMD Kabupaten masing-masing, dan akan diteruskan ke PMD Provinsi untuk seleksi lebih lanjut. Universitas Terbuka akan bertanggung jawab dalam proses seleksi peserta," jelas Siswanto.

BACA JUGA:Puspenkum Kejagung Gelar Kegiatan Penerangan Hukum, Bahas Pencegahan Kekerasan Anak dan Perempuan

Program beasiswa ini telah memasuki angkatan pertama, dimana 100 perangkat desa telah berhasil memasuki semester dua. Sedangkan angkatan kedua diharapkan akan memulai perkuliahan sekitar bulan Agustus atau September.

"Saya berharap program ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan para perangkat desa, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan ilmu yang didapat, para perangkat desa diharapkan dapat lebih efektif dalam mengelola pemerintahan desa," tambah Siswanto.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Tinjau Irigasi Jebol dan Lahan Sawah Baru di Desa Kaana Enggano

Lebih lanjut, dikatakan Siswanto, untuk anggaran program Kuliah aparatur desa se Provinsi Bengkulu telah dimasukan dalam APBD Provinsi Bengkulu tahun 2024 sebesar Rp 810 juta untuk 100 kuota perangkat desa.

"Anggaran sudah masuk di APBD 2034 sebesar Rp 810 juta untuk membiayai UKT semester 1 angkatan ke 2 dan UKT semester 2 dan 3 angkatan pertama," terangnya.

BACA JUGA:Tiba di Enggano, Gubernur Rohidin Langsung Tinjau Desa Banjarsari

Program beasiswa kuliah gratis untuk perangkat desa di Bengkulu menjadi sebuah langkah progresif dalam memperkuat struktur pemerintahan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Dengan kesempatan emas ini, para perangkat desa diharapkan dapat meraih pendidikan tinggi secara gratis dan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan untuk kemajuan desa mereka.

Sementara itu sebelumnya, program kuliah gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk aparatur desa se-Provinsi Bengkulu tahun 2024 masih menunggu review Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: