KPU

10 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Riya saat Beramal Salah Satunya

10 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Riya saat Beramal Salah Satunya

Ilustrasi. Larangan di bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Muslim harus tahu larangan di bulan Dzulhijjah agar tidak termasuk ke dalam golongan orang yang dibenci Allah SWT, simak di sini ulasannya.

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu waktu yang ditunggu oleh umat muslim karena bulan yang paling dimuliakan Allah SWT.

Di dalam bulan Dzulhijjah terdapat banyak amalan sunnah yang apabila dikerjakan akan diberi imbalan istimewa. Namun ada juga hal yang dilarang oleh Allah SWT pada bulan ini, salah satunya riya saat beramal.

BACA JUGA:Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah, Ada Hari Arafah yang Agung

Allah SWT sangat membenci umatnya yang riya ketika beramal, apalagi jika perbuatan ini dilakukan pada bulan yang paling ia muliakan.

Selain itu, memotong kuku dan rambut bagi yang akan berkurban juga dilarang pada bulan Dzulhijjah. Hal tersebut dikatakan dapat mengurangi pahala ibadah kurban yang dilakukan.

Ibadah kurban adalah ibadah umat muslim yang dilakukan untuk membuktikan rasa cinta umat kepada Tuhannya.

Ibadah ini dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan hari raya Idul Adha.

BACA JUGA:Ini Amalan dan Keutamaan Bulan Dzulhijjah, LEBIH MULIA dari Jihad Fi Sabilillah!

Ada banyak perkara lain yang dilarang pada bulan Dzulhijjah diantaranya adalah melalaikan waktu beramal, berbuat dzalim, riya, tidak mandi sebelum sholat Idul Adha, dan lainnya.

Dilansir dari sonora.id, berikut perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah:

1. Memotong Kuku Bagi yang Berkurban 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah yang pertama adalah memotong kuku bagi yang melaksanakan ibadah kurban. Hal ini tertuang di dalam hadis riwayat Muslim no. 1997.

Pada hadis tersebut dikatakan bahwa bagi yang ingin berkurban terhitung pada tanggal 1 sampai hari berkurban dilarang memotong rambut dan kuku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: