dempo

Anak Bertingkah Aneh Karena Stres? Ini Tanda dan Cara yang Bisa Orang Tua Lakukan

Anak Bertingkah Aneh Karena Stres? Ini Tanda dan Cara yang Bisa Orang Tua Lakukan

Ilustrasi. Tanda dan cara mengatasi anak stres yang bisa dilakukan orang tua.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Stres tidak hanya dialami orang dewasa, seorang anak kecil juga bisa merasakannya. Kenali beberapa tanda dan cara mengatasi yang perlu orang tua tahu di sini.

Berbeda dengan orang dewasa, sebagai orang tua perlu peka terhadap kondisi anaknya. Sebab masih banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa si anak sedang stres karena kondisi di sekitarnya.

Untuk mengetahui apakah anak mengalami stres, bisa melalui beberapa tanda. Sehingga jika anak bertingkah aneh dan tidak seperti biasanya, para orang tua dapat langsung bertindak.

BACA JUGA:6 Tips Parenting untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget, Salah Satunya Jadi Contoh yang Baik

Sebagaimana diketahui, anak kecil masih sangat membutuhkan perhatian orang tua, hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Berkat cara asuh yang baik, si anak akan dapat beradaptasi, bahkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, ia bisa langsung bercerita kepada orang tuanya.

Sebagai orang tua perlu lebih peka ketika anak mulai menunjukkan tanda-tanda membutuhkan bantuan untuk menghilangkan stresnya.

Entah itu tentang keluarga, teman, sekolah, atau hal-hal lain yang dapat menimbulkan stres. Jika anak menunjukkan tanda-tanda tersebut, saatnya untuk bertindak.

BACA JUGA:Kuatkan Tulang dan Gigi, Ini 8 Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan, Anak-Anak Boleh Makan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tanda dan cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak stres.

Tanda anak mengalami stres

1. Anak sulit berkonsentrasi

Tekanan akademik dan sosial dapat menjadi penyebab utama anak mengalami stres. Apalagi jika anak tidak sempat bermain atau melakukan hal yang tidak disukai, anak bisa tertekan tanpa disadari. 

Ketika anak sulit berkonsentrasi atau tidak bisa menyelesaikan pekerjaan rumahnya, kamu bisa mencoba mengajaknya bersantai sejenak untuk menghilangkan stresnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: