dempo

Jelang Idul Adha, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan Menurut Syariat Islam

Jelang Idul Adha, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan Menurut Syariat Islam

Ilustrasi. Jenis hewan yang boleh dikurbankan saat Idul Adha.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Menjelang hari raya Idul Adha sudah banyak umat muslim yang mencari hewan untuk dikurbankan, yuk simak jenis hewan yang boleh dikurbankan di sini.

Berkurban adalah ibadah yang dilakukan umat muslim dalam menunjukkan ketaatan dan bukti cinta kepada Allah SWT. Hal tersebut karena, ibadah kurban dilatar belakangi oleh pristiwa yang mengharuhkan.

Pada zaman dahulu, nabi Ibrahim mendapatkan mimpi yang mana di dalam mimpi tersebut Allah SWT memerintahkannya untuk mengurbankan anaknya Isma'il.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kue Kering untuk Camilan di Hari Raya Idul Adha, Nastar Keju Salah Satunya

Ujian yang sangat berat untuk nabi Ibrahim, namun karena ketaatannya dan rasa cintanya kepada Allah SWT, nabi Ibrahin dengan ikhlas mengurbankan anaknya.

Namun, maha besar Allah, sebelum nabi Ibrahin menyembelih Isma'il, Allah SWT lebih dulu mengganti anaknya dengan sesekor domba.

Pristiwa ini mengajarkan bahwa apapun yang dimiliki dan seberapa cinta kita memiliki sesuatu tersebut, jangan sampai melebihi rasa cinta kepada Allah SWT.

Nah, itulah mengapa ibadah kurban di syaratkan dengan pemotongan hewan kurban. Hal tersebut memiliki makna bahwa sebuah usaha mendekatkan diri kepada-Nya.

BACA JUGA:Rendang hingga Nasi Kebuli, Cek 7 Ide Hidangan Idul Adha yang Paling Direkomendasikan di Sini

Ibadah kurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau setelah pelaksanaan sholat Idul Adha. Ibadah ini menjadi salah satu yang paling dicintai oleh Allah SWT, oleh karena itu bagi yang melaksanakannya akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa, salah satu keutamaan melaksanakan ibdah kurban adalah mendapatkan kebikan dari setiap helai bulu hewan yang dikurbankan.

Namun, tidak semua hewan yang berbulu dapat dikurbankan, hanya ada beberapa jenis hewan yang boleh dikurbankan. Dilansir dari laman resmi detik.com, berikut jenis hewan yang boleh dikurbankan menurut syariat islam:

BACA JUGA:5 Amalan Sunnah Sesudah Sholat Idul Adha, Berkurban Salah Satunya, Cek yang Lain

1. Unta

Hewan yang boleh dikurbankam menurut syariat islam pertama adalah unta. Meskipun pada kenyataannya Allah mengganti Isma'il dengan seekor domba, namun ibadah kurban bisa dilakukan dengan mengurbankan seekor unta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: