dempo

Kajati Bengkulu Sambut Kunjungan Tim Inspeksi Khusus Inspektorat Keuangan

Kajati Bengkulu Sambut Kunjungan Tim Inspeksi Khusus Inspektorat Keuangan

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu, Rina Virawati SH., MH. menerima kunjungan kerja tim Inspeksi Khusus di Kantor Kejati Bengkulu, Selasa 28 Mei 2024.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) BENGKULU, Rina Virawati SH., MH. menerima kunjungan kerja tim Inspeksi Khusus di Kantor Kejati BENGKULU, Selasa 28 Mei 2024.

Dalam menyambut tim Inspeksi Khusus yang dipimpin Inspektur Keuangan tersebut, Kajati Bengkulu didampingi seluruh PJU di lingkungan Kejaksaan Tinggi Bengkulu. 

BACA JUGA:Tim Penyidik Kejagung Periksa Gubernur Kepulauan Babel Periode 2017-2022 dalam Kasus Korupsi Timah

Tim Inspeksi Khusus ini terdiri dari para Inspektur Muda dan para Auditor. Inspeksi khusus adalah salah satu Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) untuk mengawasi seluruh pelaksanaan program tugas dan fungsi Kejaksaan yang didanai dengan APBN, Pengamanan Aset Negara, Keandalan pelaporan keuangan dan ketaatan terhadap berbagai peraturan perundangan.

BACA JUGA:Kunjungan Kerja ke Kejati Bengkulu, Komisi Kejaksaan RI Tekankan Tugas dan Fungsi KKRI

Sebagai Prime Over profesiinalitas dan akuntabilitas kelembagaan, jajaran inspektorat keuangan mengecek dan menverifikasi pelaksanaan serta pertanggungjawaban anggaran. Hal ini dilakukan guna memberikan keyakinan terhadap penyajian laporan keuangan dalam semua aspek material dan akuntabilitasnya.

BACA JUGA:Puspenkum Kejagung Gelar Kegiatan Penerangan Hukum, Bahas Pencegahan Kekerasan Anak dan Perempuan

Kunjungan Inspeksi Khusus ini disambut baik oleh Kajati Bengkulu dan jajaran.

"Kami berharap melalui pelaksanaan inspeksi keuangan ini, menjadi landasan teknis dalam penyempurnaan penyajian dan pertanggungjawaban anggaran maupun aset yang dikelola oleh satuan kerja Kejaksaan Tinggi Bengkulu," ujar Kajati Bengkulu.

BACA JUGA:Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejagung RI Ditunjuk Jadi Kajati Bengkulu

Usai melakukan pertemuan singkat, Tim Inspeksi Khusus langsung melakukan audit keuangan ke pejabat pengelola keuangan di bidang pembinaan. Pemeriksaan dilakukan terkait pengelolaan anggaran dan aset dengan penekanan aspek akuntabilitas dalam pengelolaan maupun pertanggungjawabanya. Dengan demikian, dapat tersaji data secara akurat dalam laporan keuangan tahunan nantinya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: