dempo

Sesuai Syariat Islam, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan saat Idul Adha, Unta Salah Satunya

Sesuai Syariat Islam, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan saat Idul Adha, Unta Salah Satunya

Ilustrasi. Jenis hewan yang boleh dikurbankan saat Idul Adha--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Menurut syariat isalam ada 4 jenis hewan yang boleh dikurbankan, salah satunya unta, yuk simak penjelasannya di sini.

Ibadah kurban dilakukan setiap setahun sekali pada tanggal 10 di bulan Dzulhijjah yakni sesudah sholat Idul Adha. Ibadah ini dilakukan dengan melakukan penyembelihan hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban menjadi simbolis bahawa umaat muslim rela berkurban untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta bersedia mengurbankan yang dimiliki sebagai tanda taat dan cinta kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Hewan yang Dikurbankan Jadi Kendaraan ke Surga, Ini 7 Keutamaan Ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha

Hal tersebut karen ibadah kurban berawal dari kisah nabi Ibrahim yang bermimpi diperintakan Allah untuk mengurbankan anaknya Isma'il. Ujian yang teramat berat bagi belau saat itu.

Namun berkat ketaatannya kepada Allah SWT, nabi Ibrahim ikhlas melakukannya karena percaya stiap yang dimiliki hanya titipan dari Allah SWT.

Dengan hati yang lapang nabi Ibrahim akhirnya hendak mengurbankan anaknya dengan cara disembelih, namun sesaat sebelum ia menyembelih anaknya, Isma'il sudah lebih dulu diganti dengan seekor domba oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Pembagian Daging Kurban Hari Raya Idul Adha

Oleh karena itu, ibadah kurban disimboliskan menggunakan hewan peliharaan. Ibadah ini juga bertujuan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Pristiwa ini mengajarkan bahwa apapun yang dimiliki dan seberapa cinta kita memiliki sesuatu tersebut, jangan sampai melebihi rasa cinta kepada Allah SWT.

Ibadah kurban menjadi salah satu yang paling dicintai oleh Allah SWT, oleh karena itu bagi yang melaksanakannya akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa, salah satu keutamaan melaksanakan ibadah kurban adalah mendapatkan kebikan dari setiap helai bulu hewan yang dikurbankan.

Namun, tidak semua hewan yang berbulu dapat dikurbankan, hanya ada beberapa jenis hewan yang boleh dikurbankan. Dilansir dari laman resmi detik.com, berikut jenis hewan yang boleh dikurbankan menurut syariat islam:

BACA JUGA:Tidak Boleh Memotong Kuku Menjelang Idul Adha, Cek 8 Perkara Lain yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah

1. Unta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: