KPU

Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

Ibu harus tahu! Ini 6 tanda anak alami stunting yang harus diwaspadai--

BETVNEWS - Penting bagi orang tua untuk mengetahui tana anak mengalami stunting agar dapat segera menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut sedini mungkin. 

BACA JUGA:6 Faktor Penyebab Stunting pada Anak, Hindari Sejak Dini Agar Anak Lahir Sehat

Anak stunting sendiri masih menjadi masalah kesehatan global termasuk di Indonesia. Bahkan pada tahun 2022 lalu, Indonesia lalu menempati urutan ke-4 sebagai negara penyumbang stunting terbesar di dunia setelah India, Nigeria, dan juga Pakistan. 

Stunting sendiri merupakan suatu kondisi gizi kronis yang dapat terjadi karena kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. 

BACA JUGA:Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang tua yang tidak mengenai apa itu stunting dan juga ciri yang terjadi pada anak yang mengalami stunting.

Padahal mengetahui hal ini penting untuk dilakukan agar orang tua dapat menghindari kondisi ini, terutama oleh pasangan yang hendak menikah atau mereka yang mempersiapkan kehamilan

BACA JUGA:Cabuli Anak di Bawah Umur, Remaja 15 Tahun di Seluma Diamankan Polisi

Stunting juga dapat menjadi penyebab tinggi badan anak menjadi terhambat sehingga anak akan terlihat lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

Tidak jarang para orang tua dan sebagian masyarakat justru menganggap jika tubuh anak yang pendek tersebut merupakan sebuah faktor genetika yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. 

BACA JUGA:5 Cara Atasi Speech Delay pada Anak, Perhatian Orang Tua Jadi Kunci Utama

Untuk itu, para orang tua perlu mengetahui tanda atau ciri anak mengalami stunting agar dapat menemukan jalan keluar untuk menangani hal tersebut sedini mungkin. 

Berikut telah BETV rangkum beberapa informasi mengenai tanda anak mengalami stunting yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Deteksi Speech Delay pada Anak Sejak Dini! Ini Tandanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: