dempo

Desa Lubuk Resam Diprioritaskan Jadi Pariwisata Unggulan Kabupaten Seluma

Desa Lubuk Resam Diprioritaskan Jadi Pariwisata Unggulan Kabupaten Seluma

Destinasi wisata yang ada di Desa Lubuk Resam akan diprioritaskan sebagai pariwisata unggulan Kabupaten Seluma.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma fokus mengembangkan pariwisata unggulan agar menjadi tujuan wisata utama bagi para wisatawan lokal maupun luar.

Mengingat masih banyaknya potensi wisata di Kabupaten Seluma yang belum tergarap oleh Pemkab, sehingga diperlukan grand design secara makro terakit pariwisata.

BACA JUGA:Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UNIB Gandeng DLHK Bengkulu Gelar Seminar Pemanfaatan Sampah

Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, destinasi wisata yang ada di Desa Lubuk Resam akan diprioritaskan sebagai pariwisata unggulan Kabupaten Seluma.

"Salah satunya Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara yang akan kita jadikan destinasi pariwisata unggulan. Sebab di Lubuk Resam mempunyai 6 objek berbeda untuk dijadikan wisata unggulan," kata Bupati Seluma Erwin Octavian, Rabu 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Windra Purnawan Resmi Mengundurkan Diri dari Caleg Terpilih DPRD Provinsi Bengkulu

Lanjut Bupati, Desa Lubuk Resam punya kombinasi wisata berbasis alam dan budaya. Di sektor wisata alam, ada sumber air panas, kolam pemandian air panas, air sungai Seluma yang dijadikan arum jeram, air terjun, lokasi bumi perkemahan, batu tawas batu belerang, dan ratusan goa walet.

BACA JUGA:1 Pelaku Penusukan Anggota Polri di Launching Pilkada Rejang Lebong DPO, Satu Jadi Tersangka

Sedangkan untuk yang berbasis budaya, ada juga wisata budaya kearifan lokal masyarakat seperti tradisi Zikir Sarafal Anam, Tari Adat Rendai, Tari Ulu, Kerilu, Gitar Tunggal, Rejung, Numbuk Kopi Tigo Antan.

BACA JUGA:Menpora: Konsorsium Gerbangtara Bisa Jadi Wadah Pemuda Salurkan Ide untuk Membangun IKN

Oleh sebab itu, diperlukan sinergi pihak terkait untuk mengembangkan wisata unggulan terkait penyiapan infrastruktur, baik jalan maupun jembatan.

"Untuk menuju akses pariwisata yang dibutuhkan saat ini terutama infrastruktur jalannya. Nah saat ini Pemkab Seluma tengah membangun jalan menuju ke Lubuk Resam, nantinya jalan itu sudah bagus akan dikembangkan menjadi salah satu pariwisata unggulan," ujar Bupati. (Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: