KPU

6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

6 cara cegah stunting pada anak, lakukan sejak masa kehamilan --(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sebagai salah satu masalah yang tidak dapat diperbaiki, maka sudah semestinya orang tua mencari cara untuk mencegah stunting pada anak agar anak tidak mengalami masalah yang satu ini. 

BACA JUGA:Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

Stunting sendiri merupakan suatu kondisi gizi kronis yang dapat terjadi karena kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. 

Tidak hanya itu, stunting juga dapat menjadi penyebab tinggi badan anak menjadi terhambat sehingga anak akan terlihat lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

BACA JUGA:6 Faktor Penyebab Stunting pada Anak, Hindari Sejak Dini Agar Anak Lahir Sehat

Namun tidak jarang para orang tua dan sebagian masyarakat justru menganggap jika tubuh anak yang pendek tersebut merupakan sebuah faktor genetika yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan

Orang tua tidak tahu jika faktor genetika hanya memberikan pengaruh kecil pada kondisi kesehatan seseorang apabila dibandingkan dengan faktor lingkungan dan juga pelayanan kesehatan. 

BACA JUGA:Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Stunting ini mulai terjadi pada saat anak masih berada di dalam kandungan dan akan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun sehingga stunting menjadi salah satu masalah bangsa yang rumit karena tidak bisa diperbaiki terutama setelah anak mencapai usia dua tahun. 

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk memiliki bekal ilmu pengetahui dan pemahaman mengenai stunting pada anak agar dapat segera menemukan ciri anak stunting ini sedini mungkin agar dapat diatasi. 

BACA JUGA:Cabuli Anak di Bawah Umur, Remaja 15 Tahun di Seluma Diamankan Polisi

Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh sebab itu sebaiknya orang tua melakukan tindakan pencegahan agar dapat mengurangi resiko anak terkena stunting.

Lantas bagaimana cara mencegah stunting pada anak ini? Berikut telah BETV rangkum beberapa informasi tentang bagaimana cara mencegah stunting untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:5 Cara Atasi Speech Delay pada Anak, Perhatian Orang Tua Jadi Kunci Utama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: