KPU

7 Makanan untuk Cegah Stunting pada Anak, Ada Tempe Tahu hingga Sayuran

7 Makanan untuk Cegah Stunting pada Anak, Ada Tempe Tahu hingga Sayuran

7 makanan untuk cegah stunting pada anak, ada tempe tahu hingga sayuran--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa makanan untuk mencegah stunting pada anak yang perlu diketahui oleh para orang tua

BACA JUGA:6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan yang satu ini lantaran stunting disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang. 

Stunting terjadi akibat anak kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu.

BACA JUGA:Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

Tidak hanya itu, stunting juga dapat menjadi penyebab tinggi badan anak menjadi terhambat sehingga anak akan terlihat lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

Namun tidak jarang para orang tua dan sebagian masyarakat justru menganggap jika tubuh anak yang pendek tersebut merupakan sebuah faktor genetika yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. 

BACA JUGA:6 Faktor Penyebab Stunting pada Anak, Hindari Sejak Dini Agar Anak Lahir Sehat

Orang tua tidak tahu jika faktor genetika hanya memberikan pengaruh kecil pada kondisi kesehatan seseorang apabila dibandingkan dengan faktor lingkungan dan juga pelayanan kesehatan. 

Stunting ini mulai terjadi pada saat anak masih berada di dalam kandungan dan akan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun sehingga stunting menjadi salah satu masalah bangsa yang rumit karena tidak bisa diperbaiki terutama setelah anak mencapai usia dua tahun. 

BACA JUGA:Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Oleh sebab itu, stunting seringkali dialami oleh anak-anak yang datang dari keluarga dengan ekonomi yang rendah dan kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi

Padahal ada banyak makanan yang mengandung gizi seimbang dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh namun dengan harga yang lebih murah dan dapat didapatkan dengan mudah. 

BACA JUGA:Cabuli Anak di Bawah Umur, Remaja 15 Tahun di Seluma Diamankan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: