dempo

6 Keutamaan Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2024, Pahala Setahun Penuh Imbalannya

6 Keutamaan Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2024, Pahala Setahun Penuh Imbalannya

Ilustrasi. Keutamaan puasa Tarwiyah yang sayang dilewatkan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Puasa tarwiyah memiliki banyak keutamaan untuk setiap muslim yang mengamalkannya menjelang Idul Adha 2024, cek ulasan selengkapnya di sini.

Puasa Tarwiyah adalah amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW dua hari sebelum Idul Adha atau pada tanggal 8 Dzulhijjah.

BACA JUGA:Harga Pasaran Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Kaur Tertinggi Capai Rp17 Juta

Bulan Dzulhijjah sendiri adalah bulan yang paling dicintai Allah SWT karena ada banyak keutamaan yang ada di dalamnya, salah satunya adalah puasa Tarwiyah.

Salah satu keutamaan puasa Tarwiyah adalah mendapatkan pahalah bak puasa setahun penuh. Barang siapa yang mengamalkannya, niscaya akan mendapatkan pahala setahun penuh.

Hanya dengan melaksanakan puasa 1 hari di tanggal 8 Zulhijjah bisa mendapatkan banyak pahala dan tentunya barang siapa yang melaksanakan puasa Tarwiyah akan lebih dekat kepada Allah SWT.

Dilansir dari laman resmi yatimmandiri.org, berikut keutamaan puasa Tarwiyah yang sayang dilewatkan:

BACA JUGA:Dinas TPHP Prediksi Harga Biji Kopi di Bengkulu Tetap Stabil Saat Idul Adha

1. Bagaikan Puasa Setahun Penuh

Keutamaan puasa Tarwiyah yang pertama adalah bagaikan puasa setahun penuh. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa puasa Tarwiya dihitung setara dengan puasa selama setahun di hari biasa.

Hal ini diriwayatkan di dalam hadist yang mengatakan barang siapa yang melaksanakan puasa Tarwiyah sama dengan pusa setahun penuh. 

Keutamaan pertama yang akan didapatkan seseorang dalam melaksanakan puasa Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah adalah bagaikan puasa setahun. (HR. Ali Al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

BACA JUGA:5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2024, Pengapusan Dosa Jaminannya

2. Amalan Paling Dicintai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: