dempo

Dinas Pertanian Ingatkan Petani di Seluma Waspada Dampak El Nino Pertengahan 2024 Ini

Dinas Pertanian Ingatkan Petani di Seluma Waspada Dampak El Nino Pertengahan 2024 Ini

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan para petani di Kabupaten Seluma agar waspada dengan kemungkinan El Nino yang akan terjadi pertengahan tahun 2024 ini.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS  - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan para petani di Kabupaten Seluma agar waspada dengan kemungkinan El Nino yang akan terjadi pertengahan tahun 2024 ini.

Pasalnya, El Nino tahun 2024 bakal lebih ekstrim. Mengakibatkan kekeringan areal persawahan bahkan mengancam ketahanan pangan.

BACA JUGA:5 Pelaku Kejahatan Dibekuk Saat Operasi Musang Nala Polres Seluma, Tempo 14 Hari

"Berdasarkan data dari BMKG yang disampaikan ke Kementan. Bahwa pertengahan tahun ini kembali akan terjadi el nino. Namun mudah-mudahan tidak terlalu kering. Sehingga sawah milik masyarakat masih tetap bisa diolah," kata Arian Sosial, Jumat 8 Juni 2024. 

Menurutnya, jika prediksi BMKG benar, maka para petani harus bersiap. Apalagi masyarakat petani yang mengolah sawah mengandalkan sawah tadah air hujan.

Menyikapi ada ancaman El Nino Dinas Pertanian Seluma membagikan mesin pompa air kepada petani yang mengandalkan sawah tadah hujan.

BACA JUGA:Kenali Segera 6 Ciri Toxic Parents Ini Sebelum Terlambat, Jangan Jadikan Anak Korban!

"Salah satu upaya dari Kementan adalah dengan membagikan mesin pompa air. Sehingga diharapkan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat petani untuk mengairi sawah mereka," sambung Arian Sosial.

Saat ini Dinas Pertanian sudah meminta agar seluruh mesin pompa yang sudah diterima bisa dipasang di lokasi persawahan tadah hujan. Sehingga bisa digunakan untuk mendorong air dari sumber mata ke lokasi sawah.

BACA JUGA:Anggota PPS Seluma Melakukan Penganiayaan Dilaporkan ke Polisi

"Saat ini sudah tiba 26 unit. Sebanyak 15 unit  sudah dipasang di Desa Muara Timput . Sedangkan sisanya sebanyak 11 unit segera dipasang di Kecamatan Sukaraja," tutup Arian.

(Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: