dempo

Anak Terlanjur Obesitas? Atasi dengan Cara Mudah Ini, Dukungan Orang Tua Jadi yang Utama

Anak Terlanjur Obesitas? Atasi dengan Cara Mudah Ini, Dukungan Orang Tua Jadi yang Utama

Anak terlanjut obesitas? Atasi dengan cara mudah ini, dukungan orang tua jadi yang utama--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Jika orang tua menyadari jika anak telah mengalami obesitas, maka sebaiknya segera temukan cara untuk mengatasi obesitas pada anak tersebut sebelum terlambat. 

BACA JUGA:6 Cara Tepat Cegah Obesitas pada Anak, Salah Satunya Atur Jadwal Olahraga Rutin

Anak yang gemuk mungkin akan terlihat imut dan lucu bagi sebagian besar orang tua, namun jika anak mengalami obesitas, hal ini sama sekali tidak baik untuk kesehatan mereka. 

Obesitas, yaitu sebuah kondisi kronis yang biasanya terjadi akibat adanya penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh dapat sangat merugikan anak apalagi jika dibiarkan hingga mereka tumbuh dewasa. 

BACA JUGA:7 Bahaya Obesitas Ini Bisa Intai Tubuh Anak, Jangan Anggap Sepele ya, Bunda!

Kondisi ini terjadi saat kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan proses pembakaran yang dilakukan sehingga lemak akan bertumpuk di dalam tubuh. 

Memiliki tubuh yang gemuk bisa dikategorikan sebagai obesitas pada anak-anak dan juga dapat meningkatkan resiko komplikasi berbagai jenis penyakit

BACA JUGA:Waspada Obesitas pada Anak, Kenali 5 Penyebab Ini dan Atasi Sejak Dini

Obesitas sendiri menjadi kasus yang cukup banyak ditemui di Indonesia dan terus meningkat setiap tahunnya, terutama pada anak yang berada dalam usia 5-12 tahun. 

Melansir dari laman alodokter.com, data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018, diperkirakan sekitar 18–19% anak berusia 5–12 tahun di Indonesia memiliki berat badan berlebih dan 11% anak di usia tersebut menderita obesitas.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Alami Obesitas, Salah Satunya Leher Terlihat Pendek

Jika anak telah terlanjur mengalami obesitas, maka sebagai orang tua sebaiknya segera mencari cara untuk mengatasi hal tersebut agar masalah ini tidak berlanjut dan menyebabkan anak mengalami gangguan kesehatan lainnya. 

Lantas bagaimana cara mengatasi obesitas pada anak ini? Berikut telah BETV rangkum beberapa cara yang dapat dilakukan. 

BACA JUGA:6 Tips Sehat Mencegah Obesitas, Batasi Makanan Manis Hingga Olahraga 3 Kali Seminggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: