dempo

Progres dan Estimasi Perbaikan Pipa Pertamina Pulau Baai Bengkulu

Progres dan Estimasi Perbaikan Pipa Pertamina Pulau Baai Bengkulu

Pertamina Bengkulu terus melakukan langkah-langkah perbaikan dan pemeliharaan terhadap fasilitas pipa panyaluran atau distribusi di Depo BBM Pulau Baai Bengkulu pasca ditabrak kapal tongkang beberapa waktu lalu.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pertamina BENGKULU terus melakukan langkah-langkah perbaikan dan pemeliharaan terhadap fasilitas pipa panyaluran atau distribusi di Depo BBM Pulau Baai BENGKULU pasca ditabrak kapal tongkang beberapa waktu lalu.

Disampaikan Senior Communication Pertamina Petra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Haris Yanuanzah di Bengkulu, sejak insiden tongkang Tim telah melakukan berbagai langkah seperti identifikasi kebocoran terutama mengevakuasi kapal tongkang berada di atas pipa distribusi.

BACA JUGA:Manfaatkan Lahan Replanting, Distan Seluma Bagikan 500 Kg Bantuan Benih Padi Gogo

"Pertama kapal tongkang yang berada di atas pipa distribusi BBM Pulau Baai telah evakuasi oleh pemiliknya," sampai Haris Yanuanzah, Sabtu 8 Juni 2024.

Lanjut Haris, Tim penyelaman juga sudah diturunkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan secara visual terhadap dugaan pipa yang mengalami kebocoran, dan dengan serangkaian tes untuk mengidentifikasi tingkat kerusakan serta langkah mitigasi melokalisir area sekitar agar tidak berdampak lebih luas. 

BACA JUGA:PWI Seluma Bagikan 100 Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu

"Saat ini memang kita lagi maintenance (pemeliharaan/perbaikan ), karena kita memitigasi agar tidak berdampak lebih luas. Pada prinsipnya progressnya berjalan. Krusialnya itu pada saat ada tongkang itu aja," jelasnya. 

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Pastikan Harga TBS Kelapa Sawit Tetap Stabil

Menurut Haris, langkah normalisasi fasilitas perpipaan terus dilakukan tim Pertamina Bengkulu dengan tes-tes lanjutan diantaranya pneumatik (teknologi menggunakan udara bertekanan), untuk melihat kondisi keandalan (handal) perpipaan.

Dari rangkaian tes yang sudah dilakukan sampai saat ini, kata Haris, hasilnya dinilai positif namun masih akan dilakukan pengujian lanjutan dalam rentang waktu beberapa hari kedepan. 

BACA JUGA:Dinkes: Kabupaten Seluma Catatkan Kasus DBD Terbanyak di Provinsi Bengkulu

"Saat ini progress-nya (perkembangannya) sudah dilakukan tes pneumatik untuk memastikan keandalan di pipa kami. Dan hasilnya, progress-nya Alhamdullilah positif. Berarti aman," ujarnya. 

BACA JUGA:Undian Simpedes BRI Kanca Curup Bertabur Hadiah, Ada Grand Prize 2 Unit Mobil

Selain itu pihaknya juga melakukan pemantauan gelembung saat tes penumatik, dan hasilnya juga positif. Sehingga optimis perbaikan bisa segera dituntaskan, sehingga pada saat pengiriman pasokan BBM melalui jalur laut dalam waktu dekat bisa kembali dilakukan di Depo Pertamina Pulau Baai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: