dempo

Lakukan Sholat Idul Adha Dua Rakaat, Ini Cara dan Niat Pelaksanaanya

Lakukan Sholat Idul Adha Dua Rakaat, Ini Cara dan Niat Pelaksanaanya

Ilustrasi. Lakukan sholat Idul Adha dua rakaat, ini cara dan niat pelaksanaanya.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Sebelum penyembelihan hewan kurban, umat Muslim akan melaksanakan ibadah sholat Idul Adha dua rakaat. Hal ini dilakukan saat Hari Raya Idul Adha datang.

Bagi kamu yang belum mengetahui bacaan dan tata cara sholat 'id ini, dapat simak ulasan berikut. Perayaan ini dikenal juga dengan bulan haji, yang mana mereka yang mampu dapat menjalankan ibadah haji.

Perayaan umat Islam ini bertepatan pada bulan Dzulhijjah, yang dirayakan setiap setahun sekali. Sehingga tidak heran jika banyak umat Muslim yang menantikan kedatangannya.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Pastikan Harga TBS Kelapa Sawit Tetap Stabil

Tepatnya 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah, semua umat Muslim akan melaksanakan sholat Idul Adha. Momen sangat dinantikan, terlebih banyak juga yang akan menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban.

Bulan Dzulhijjah juga menjadi bulan yang penuh keagungan dengan banyaknya pahala yang berlipat ganda. Diketahui perayaan Idul Adha diprediksi akan dilaksanakan pada Senin 17 Juni 2024.

BACA JUGA:Makin Dekat dengan Allah SWT, Ini 7 Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Sama dengan sholat Idul Fitri, Sholat Idul Adha juga memiliki keistimewaannya sendiri. Ibadah ini sebaiknya dilakukan dengan cara berjamaah dan dilaksanakan di tanah yang lapang, kecuali ada udzur.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW sendiri sudah biasa mengerjakan sholat 'id di tanah lapang, dalam hadits dari Abu Sa'id Al Khudri ra,

"Rasulullah SAW biasa keluar pada hari raya  Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang," (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:7 Hidangan Idul Adha yang Paling Direkomendasikan, Salah Satunya Tongseng Daging, Cek Lainnya di Sini

Sebagaimana diketahui bahwa sholat 'id dilaksanakan dengan dua rakaat, dan setiap rakaatnya ada bacaan khusus. Berikut ini cara dan niat sholat yang perlu kamu ketahui. 

Tata cara sholat Idul Adha

1. Membaca Niat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: