dempo

Masukkan Dalam Freezer! Ini 6 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Awet

Masukkan Dalam Freezer! Ini 6 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Awet

Ilustrasi. Cara menyimpan daging kurban agar awet.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Begini cara menyimpan daging Kurban agar awet salah satunya masukkan ke dalam freezer, yuk simak penjelasannya.

Perayaan Idul Adha akan dibarengi dengan penyembelihan hewan kurban. Sebagai informasi ibadah Kurban merupakan ibadah yang dianjurkan Rasulullah SAW Kepada umat muslim setiap bulan Dzulhijjah atau setelah pelaksanaan sholat Idul Adha.

Ibadah ini dilakukan dengan menyembelih hewan Kurban yang memenuhi syarat dan ketentuan menurut syariat Islam.

BACA JUGA:Ini Syarat Berkurban dan Kriteria Hewan yang Sah Dikurbankan saat Idul Adha 2024

Daging hewan yang disembelih tersebut kemudian dibagikan kepada tiga golongan yakni parkir miskin,tetangga, orang yang berkurban.

Biasanya daging Kurban tersebut diolah menjadi berbagai macam hidangan untuk Idul Adha, namun jika kamu belum ingin mengolahnya, wajib menyimpan daging kurban tersebut di dalam freezer agar awet.

Diketahui daging yang dibekukan akan menjaga kualitasnya karena terhindar dari berbagai ancaman virus dan bakteri yang dapat merusak daging.

Selain itu ada beberapa cara lain yang bisa diterapkan untuk menyimpan daging Kurban agar awet dan tidak busuk.

Dilansir dari laman resmi detik.com, berikut cara menyimpan dagin kurban agar awet dan tidak busuk:

BACA JUGA:Bulog Bengkulu Pastikan Stok Pangan Aman Hadapi Idul Adha 2024

1. Jangan Mencuci Daging

Cara menyimpan daging kurban agar awet dan tidak busuk yang pertama adalah jangan dicuci. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi daging dari bakteri yang dapat merusak daging.

Diketahui daging yang dicuci dapat kemudian disimpan dapat terlalu lama dapat rusak krena bakteri dan virus dari air yang digunakan untuk mencuci daging.

Oleh karena itu sebaiknya, daging langsung disimpan di dalam freezer atau lemari pendingin. Jika daging ingin dimasak kemudian hari barulah daging dicuci.

BACA JUGA:Jadwal, Niat, dan Tata Cara Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2024

2. Potong dan Sortir Daging Menjadi Ukuran Kecil

Cara menyimpan daging kurban agar awet dan tidak busuk berikutnya adalah memotong daging menjadi kecil-kecil lalu disimpan di kulkas.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, simpanlah daging kurban yang sudah dipotong tanpa dicuci terlebih dahulu agar daging tidak mudah rusak.

Jika ingin lebih baik, simpanlah daging yang sudah dipotong dalam wadah yang kedap udarah dan dengan porsi sekali masak.

Dengan begitu, daging akan tetap segar dan baik dalam beberapa hari, jika hendak dimasak kamu tinggal cuci daging dan langsung bisa dimasak.

BACA JUGA:Lakukan Sholat Idul Adha Dua Rakaat, Ini Cara dan Niat Pelaksanaanya

3. Marinasi Daging Terlebih Dahulu

Cara menyimpan daging kurban agar awet dan tidak mudah busuk selanjutnya adalah marinasi daging terlebih dahulu.

Kamu bisa marinasi daging dengan garam secukupnya kemudian barulah disimpan di dalam kulkas. Garam bisa melindungi daging dari bakteri yang bisa merusaknya.

Degang begitu, daging akan tetap awet dan segar hingga beberapa hari, hal ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang belum ingin mengola daging kurban secara langsung.

BACA JUGA:Disnakkeswan Provinsi Bengkulu: 43.000 Ekor Kambing Siap Dikurbankan di Hari Raya Idul Adha

4. Gunakan Wadah Penyimpanan Kedap Udara

Selain dimarinasi, agar daging awet dan tidak mudah busuk kamu bisa menyimpannya dalam wadah yang kedap udarah. Dengan begitu kualitas daging akan tetap terjaga kerena terhindari dari bakteri dan virus yang berasal dari luar.

Selain itu, dengan menyimpannya di dalam wadah lebih terlindungi dan kulkas juga akan lebih bersih. Hal tersebut karena, jika daging diletakkan dalam pelastik saja cairan dari daging dapat merembes dan membuat kulkan kotor bahkan bau.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Pastikan Harga TBS Kelapa Sawit Tetap Stabil

5. Tulis Label dan Tanggal Penyimpanan Daging

Cara menyimpan daging kurban agar awet dan tidak mudah busuk lainnya adalah tulis label dan tanggal penyimpanan daging.

Hal ini dilakukan agar kamu ingat berapa hari daging sudah disimpan, sehingga bisa memperkirakan kapan daging akan segera dimasak.

Karena meskipundaging awet, jika terlalu lama rasa daging juga akan berbeda tidak sesegar waktu pertama kali disimpan.

BACA JUGA:Makin Dekat dengan Allah SWT, Ini 7 Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

6. Simpan Daging di Dalam Freezer.

Cara menyimpan daging kurban agar awet dan tidak mudah busuk yang terakhir adalah dengan menyimpan daging di dalam freezer. Hal ini yang paling penting dilakukan, karena daging tidak tahan di dalam suhu ruang, oleh karenanya wajib dibekukan.

Dengan begitu kesegaran daging akan tetap terjaga dan daging terhindar dari bakteri dan virus yang bisa merusak kondisi daging.

Demikian informasi mengenai cara menyimpan daging kurban ager awet dan tidak muda busuk, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: