KPU

Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

Waspada anemia pada anak! Mari cegah dengan 5 cara ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara mencegah anemia pada anak perlu diketahui oleh para orang tua akrena anemia pada anak dapat sangat berpengaruh pada tumbuh kembang mereka. 

BACA JUGA:5 Dampak Anemia Ini Bisa Intai Kesehatan Anak, Bisa Pengaruhi Fungsi Motorik Mereka

Pertumbuhan anak yang mengalami anemia defisiensi zat besi kronis terutama di usia dini dapat mengalami keterlambatan dalam pengembangan kognitif, motorik, mental, bahkan hingga sosio emosional mereka. 

Tidak hanya itu, anemia ini juga dapat berdampak pada kesiapan anak untuk bersekolah, membuat mereka cepat merasa lelah hingga sulit berkonsentrasi dan merespon stimulasi. 

BACA JUGA:Sederet Penyebab Anemia pada Anak yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Kurang Nutrisi

Anemia bukan hanya masalah kesehatan yang dialami oleh orang dewasa, namun anak-anak juga rentan mengalami masalah yang satu ini sehingga diperlukan kepekaan orang tua untuk mendeteksinya sejak dini. 

Anemia atau kurang darah merupakan suatu kondisi saat jumlah sel darah merah di dalam tubuh menurun di bawah normal untuk anak sehingga membuat mereka menjadi pucat, mudah rewel, lelah, dan juga lemah. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu, Ternyata Anak Juga Bisa Alami Anemia Lho! Ini Gejalanya

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak sehingga orang tua sebaiknya segera mengetahui gejalanya agar dapat mengatasinya lebih cepat. 

Jika anak mengalami anemia dan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh, maka kondisi ini dapat menyebabkan jaringan dan organ dalam tubuh kekurangan oksigen

BACA JUGA:Penuh Kebutuhan Asam Folat hingga Atasi Anemia, Intip Sederet Manfaat Buah Stroberi Bagi Ibu Hamil

Untuk itu, orang tua perlu melakukan tindakan pencegahan agar anak tidak sampai mengalami masalah kesehatan yang satu ini untuk menghindari masalah lanjutan seperti stunting, hingga gangguan pada tulang.  

Lantas bagaimana cara mencegah anemia pada anak ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Tingkatkan Produksi ASI hingga Cegah Anemia, Ini 7 Manfaat Daun Katuk untuk Busui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: