KPU

Idul Adha Sebentar Lagi, Ini 4 Cara Bikin Daging Kurban Tahan Lama

Idul Adha Sebentar Lagi, Ini 4 Cara Bikin Daging Kurban Tahan Lama

Ilustrasi. Idul Adha sebentar lagi, ini cara bikin daging kurban tahan lama.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Idul Adha menjadi momen penting bagi umat Muslim. Salah satunya adanya kegiatan penyembelihan hewan kurban yang nantinya dibagikan.

Dalam hal ini ada beberapa cara agar bisa membuat daging kurban tahan lama dan awet. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara ini untuk memastikan manfaatnya.

Perlu diketahui, Perayaan Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Kurban dan bulan haji. Pasalnya setiap orang yang telah mampu dapat melaksanakan ibadah kurban maupun menjalankan haji.

Setelah disembelih, barulah nanti daging kurban akan dibagikan kepada yang membutuhkan, khususnya kepada mereka yang berkurban akan mendapat bagiannya.

BACA JUGA:Waktu Penyembelihan Harus Sesuai! Ini 5 Aturan Pembagian Daging Kurban yang Sah

Umumnya hewan yang dikurbankan tersebut berupa sapi, kambing dan domba. Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan setiap setahun sekali pada Hari Raya Idul Adha yakni 10 Dzulhijjah, hingga pada tiga hari tasyrik, yaitu pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Saat menyembelih hewan kurban, ada tata cara penyembelihannya tersendiri. Hal ini berbeda dengan menyembelih hewan pada hari biasa.

Sebelum diolah menjadi makanan, biasanya daging kurban akan disimpan terlebih dulu. Bahkan proses penyimpanannya bisa sampai berhari-hari.

BACA JUGA:Punya Kolesterol Tinggi? Begini Cara Aman Konsumsi Daging Kurban Biar Tetap Sehat

Sehingga diperlukan juga untuk menjaga keamanan daging tersebut agar tetap mendapat nutrisi yang baik dari daging kurban ini. Untuk menjaga higienitas daging, hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Menghindari kontak langsung tangan manusia dengan daging
  • Hindarkan dari lalat atau serangga lain
  • Hindarkan daging dengan peralatan, air kotor, serta alas tanah yang kotor.
  • Selain itu, panitia atau petugas kurban harus memakai pakaian yang bersih, menjaga kebersihan diri, dan sering mencuci tangan. Peralatan yang digunakan juga harus bersih serta bahannya yang tidak mencemari daging.

BACA JUGA:8 Ide Olahan Daging Kurban untuk Idul Adha, Rendang Paling Direkomendasikan, Cek yang Lain

Berikut beberapa cara bikin daging kurban tetep tahan lama dan awet:

1. Potong daging menjadi beberapa bagian

Sebelum disimpan, kamu bisa memotong dagingnya menjadi beberapa bagian. Hal tersebut dapat mempermudah proses pencairan daging serta mempercepat waktu saat memasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: