KPU

Idul Adha Disebut Hari Raya Kurban, Ini Manfaat Berkurban yang Jarang Diketahui

Idul Adha Disebut Hari Raya Kurban, Ini Manfaat Berkurban yang Jarang Diketahui

Ilustrasi. Idul Adha disebut Hari Raya Kurban, ini manfaat berkurban yang jarang diketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Menyembelih hewan kurban menjadi salah satu amal saleh yang cukup besar. Hal ini disebutkan dalam riwayat yang berasal dari Aisyah RA, kemudian ia menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirnya darah (kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya," (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah, sebagian ulama mengatakannya dhaif).

Meskipun hadits ini lemah, hanya saja kata Ammi Nur Baits, tidak menghilangnya keutamaan kurban itu sendiri. Syaikhul Islam dalam Majmu' Fatawa menyebutkan, keutamaan kurban ini lebih utama daripada sedekah.

BACA JUGA:5 Resep Minuman Segar dan Simple Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran Idul Adha

"Berkurbanlah, aqiqah, hadyu sunah, semuanya lebih baik, daripada sedekah dengan uang senilai hewan yang disembelih," tulis Syaikhul Islam.

Lantas Jumhur ulama pun menyepakati bahwa kurban di Hari Raya Idul Adha merupakan sunah teruntuk setiap orang yang mampu melaksanakannya. Dalam hadits shahih riwayat Imam Ahmad dan Imam al-Hakin menyebutkan bahwa:

"Tiga perkara yang bagiku hukumnya fardhu tapi bagi kalian hukumnya tathawwu' (sunnah), yaitu sholat witir, menyembelih udhiyah (hewan kurban), dan sholat dhuha."

BACA JUGA:Wajib Hidangkan 7 Menu Ini saat Idul Adha, Salah Satunya Nasi Kebuli Kambing, Pernah Coba?

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Dalam Al Quran surah Al-Maidah ayat 27, Allah SWT berfirman yang artinya:

"Sesungguhnya Allah SWT hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa."

Sehingga bagi seorang Muslim yang memiliki keinginan untuk berkurban. Hal tersebut bisa menjadi jalan seseorang lebih dekat kepada Allah SWT.

4. Mendapat ampunan

Berkurban bisa bermanfaat untuk mendapat ampunan dari Allah SET, hal ini disebutkan dalam hadits riwayat Al-Bazzar dan Ibnu Hibban:

"Hai Fatimah, berdirilah di sisi korbanmu dan sakdikanlah, ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: