dempo

Dempo Xler Apresiasi Pagelaran Wayang Kulit yang Menjaga Budaya dan Silaturahmi Masyarakat Jawa di Bengkulu

Dempo Xler Apresiasi Pagelaran Wayang Kulit yang Menjaga Budaya dan Silaturahmi Masyarakat Jawa di Bengkulu

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pagelaran Wayang Kulit dalam upaya pelestarian budaya dan mempererat silaturahmi antar masyarakat Jawa di Provinsi BENGKULU atau yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Jawa BENGKULU (PMJB) mendapatkan apresiasi Ketua Komisi I DPRD Provinsi BENGKULU, Dempo Xler.

Menurut Dempo, kegiatan budaya ini tidak hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai wahana mempertahankan identitas dan nilai-nilai luhur warisan nenek moyang.


Pagelaran Wayang Kulit dalam upaya pelestarian budaya dan mempererat silaturahmi antar masyarakat Jawa di Provinsi Bengkulu atau yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB).--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BACA JUGA:Dempo Xler Perjuangkan Kesejahteraan Petani, Nelayan, dan Pelaku UMKM Benteng

"Wayang kulit bukan sekadar seni pertunjukan tradisional, namun sebuah cagar budaya yang harus kita lestarikan dengan sungguh-sungguh. Melalui pagelaran ini, kita tidak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi generasi muda akan nilai-nilai kearifan lokal," kata Dempo.

BACA JUGA:Dempo Xler Dukung Pengembangan UMKM sebagai Peningkatan Ekonomi di Bengkulu

Pegelaran wayang kulit di Bengkulu tidak hanya dihadiri oleh kalangan Jawa, tetapi juga menarik partisipasi masyarakat Bengkulu dari berbagai etnis dan latar belakang. Hal ini, menurut Dempo, memperkuat silaturahmi antarbudaya dan memperkaya kehidupan berbudaya di Bengkulu.

"Dalam situasi jelang pemilihan kepala daerah kegiatan ini menjadi sangat penting untuk menjaga semangat persatuan di tengah-tengah perbedaan," tambah Dempo yang dikenal dekat dengan masyarakat Jawa di Bengkulu. 

BACA JUGA:Dempo Xler Soroti NI-PPPK Formasi 2023 Pemprov Bengkulu yang Menyisakan 90 Peserta

Ia sangat memberikan dukungan terhadap pegelaran wayang kulit di Bengkulu, sehingga semakin mengukuhkan posisi sebagai salah satu upaya konkret pelestarian budaya dan membangun kedekatan antar warga berbasis kebudayaan. 

"Diharapkan tradisi ini tetap berlanjut dan memberi inspirasi positif bagi generasi mendatang," ungkap Dempo. 

BACA JUGA:Dempo Xler Dorong Pemeriksaan Kesehatan Rutin bagi JCH Provinsi Bengkulu di Mekkah

Untuk diketahui Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) sukses gelar pertunjukan Wayang Kulit yang mengangkat tema cerita Banjaran Gatot Koco dengan dalangnya Prof. Dr. Yanto. SH.MH  yang saat ini menjabat sebagai Hakim Agung dan menjabat ketua umum PMJB.

BACA JUGA:Ahmad Kanedi Ungkap Alasan Bersedia Dampingi Dempo Xler Maju Pilgub Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: