dempo

Hadiri Festival Jaranan, Bupati Erwin: Selaras dengan Program Seluma Berbudaya dan Beragama

Hadiri Festival Jaranan, Bupati Erwin: Selaras dengan Program Seluma Berbudaya dan Beragama

Bupati Seluma Erwin Octavian menghadiri kegiatan festival jaranan di Seluma, Sabtu 15 Juni 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Bupati Seluma Erwin Octavian menghadiri kegiatan festival jaranan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi BENGKULU melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan anggota DPRD Provinsi Jonaidi SP, Sabtu 15 Juni 2024.

Bupati menyampaikan, kegiatan seperti ini diharapkan bisa terus dilaksanakan rutin setiap tahun. Hal ini bertujuan guna melestarikan adat dan budaya, sehingga generasi berikutnya dapat meneruskannya.


Festival Jaranan di Alun-alun Desa Rimbo Kedui, Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma, pada Sabtu 15 Juni 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BACA JUGA:Gelar Festival Jaranan Tahunan di Seluma, Jonaidi SP: Harus Dilestarikan Agar Tidak Luntur

"Saya sangat setuju adanya pagelaran festival jaranan ini yang dilaksanakan oleh Jonaidi SP dan Dikbud Prov Bengkulu, agar kiranya diadakan rutin setiap tahunnya. Ini selaras dengan program kami yakni Seluma berbudaya dan beragama," sampainya.

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Antusias Menyaksikan Festival Jaranan di Seluma

Lanjutnya, kolaborasi antara budaya Jawa dan Bengkulu khususnya Seluma perlu dilestarikan. Karena keberagaman budaya yang berbeda di setiap daerah menjadi kekayaan yang tak ternilai. 

Sehingga perbedaan budaya tersebut jika dikolaborasikan dapat menghasilkan budaya yang positif.

BACA JUGA:Penggiat Budaya Seluma Gelar Rapat Musyawarah Pra Pagelaran Festival Jaranan

"Untuk kedepannya perlu mengkolaborasikan budaya Jawa dan Bengkulu khususnya di Seluma ini. Sehingga perbedaan budaya tersebut jika dikolaborasikan dapat menghasilkan kolaborasi budaya yang positif," lanjutnya.

BACA JUGA:Jonaidi Pastikan Paguyuban Jaranan di Seluma Segera Memiliki Legalitas Resmi

Ditambahkannya, seperti apa yang disampaikan oleh Hakim Agung Prof Dr H Yanto selaku Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Provinsi Bengkulu, dimana Pemkab Seluma turut berperan penting dalam mengembangkan warisan budaya Jawa dan budaya asli daerah Seluma.

"Sesuai dengan program Seluma Berbudaya dan Beragama, pemerintah daerah siap berkolaborasi dalam kesenian Jawa dan Seluma seperti yang telah disampaikan," tambahnya. (Adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: