dempo

Tantrum : Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasinya

Tantrum : Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi. Mengenal istilah tantrum pada anak--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Tantrum pada anak merupakan hal yang sering terjadi dan istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga para orang tua karena anak-anak mereka pasti mengalami fase ini di dalam hidupnya. 

BACA JUGA:4 Jenis Tantrum pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua, Salah Satunya Tantrum Manipulatif

Tantrum sendiri merupakan sebuah kondisi saat anak mengalami kenaikan emosi yang biasanya tak terkendali sehingga mereka akan berteriak, mengamuk, hingga berguling-guling di lantai. 

Bahkan pada beberapa kondisi, anak akan terus menangis dan juga merengek hingga seolah menunjukkan jika mereka tidak bisa dibujuk dengan kata penenang apapun. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah Tantrum pada Anak yang Bikin Orang Tua Serba Salah, Ini Cara Mengatasinya

Apabila melansir dari laman Kemkes, tantrum sendiri merupakan sebuah masalah perilaku yang umum dialami oleh anak-anak terutama anak-anak prasekolah. 

Biasanya saat tantrum, anak-anak akan mengekspresikan kemarahan mereka dengan tidur di lantai, meronta-ronta, berteriak dan bahkan menahan napas. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! Ini 7 Penyebab Anak Alami Tantrum, Karena Stres hingga Kurang Tidur

Tantrum juga biasanya bersifat alamiah, terutama pada anak yang belum bisa menggunakan kata dalam mengungkapkan rasa frustrasi mereka. 

Perilaku tantrum ini secara umum diartikan sebagai perilaku agresif yang dilakukan oleh seorang anak untuk keluar dari kondisi ketidaknyamanannya (deprivasi).

BACA JUGA:Jangan Salah Langkah, Ini 6 Cara Atasi Anak Tantrum yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Oleh sebab itu, tantrum adalah sebuah cara bagi anak untuk dapat mengekspresikan dan juga mengelola perasaan mereka, termasuk untuk mencoba memahami atau mengubah apa yang terjadi di sekitar mereka.

Tantrum juga bisa terjadi saat anak belum belajar mengenai cara untuk mengelola emosi yang kuat dan juga belum bisa mengkomunikasikan perasaannya dengan jelas sehingga kombinasi keduanya akan menjadi celah untuk anak mengamuk. 

BACA JUGA:Anak Tantrum Bikin Heboh? 6 Cara Ini Bisa Bantu Orang Tua untuk Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: