dempo

Program Peremajaan Sawit Gratis 2024, Seluma Dapat Kuota 1.500 Hektar

Program Peremajaan Sawit Gratis 2024, Seluma Dapat Kuota 1.500 Hektar

Kementerian Pertanian RI tahun 2024 ini memberikan kuota pelaksanaan peremajaan sawit (replanting) seluas 1.500 hektar untuk Kabupaten Seluma. --(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kabar baik bagi petani sawit di Kabupaten Seluma.

Pasalnya Kementerian Pertanian RI tahun 2024 ini memberikan kuota pelaksanaan peremajaan sawit (replanting) seluas 1.500 hektar untuk Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Sediakan 1.000 Kupon, Jumlah Hewan Kurban di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu Meningkat

Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial mengatakan, program replanting sawit dari Kementrian pertanian RI diberikan secara gratis untuk masyarakat.

"Ya, dalam program replanting sawit tahun ini, kita dapat kuota 1.500 hektare dari Kementrian pertanian RI. Program replanting ini diberikan secara gratis untuk masyarakat petani sawit," kata Arian Sosial, Minggu 16 Juni 2024.

BACA JUGA:Bupati Seluma Akan Laksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Falihin Besok

Pemkab Seluma melalui Dinas Pertanian Seluma saat ini meminta usulan dari kelompok tani (poktan) yang ada di Kabupaten Seluma terkait dengan program replanting ini. Dimana sebelumnya Distan Seluma telah mensosialisasikan hal ini dengan melibatkan 11 desa. 

"Sosialisasi sudah kami laksanakan, tinggal dari kepala desa menyampaikannya ke masyarakat yang tergabung dalam poktan untuk mengusulkan. Dan usulan ini kami harap agar segera disampaikan," sambungnya. 

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha, 1.836 Ekor Hewan Kurban Akan Disembelih di Bengkulu Utara

Setelah usulan dari kelompok tani (Poktan) disampaikan ke Distan Seluma, maka pihaknya akan melakukan verifikasi dan cek ke lapangan.

"Semua yang diusulkan Poktan akan kita verifikasi, jika sesuai barulah usulan tersebut kami sampaikan ke Kementrian RI," ujarnya. 

BACA JUGA:Pria di Kota Bengkulu Bolak Balik Masuk Penjara, Kali Ini Kasusnya Maling Ayam

Adapun program repalanting sawit ini mulai dari penebangan pohon sawit sudah tidak produktif, pematangan lahan, sampai proses penanaman bibit kembali 

"Semuanya gratis diberikan Kementrian pertanian RI, termasuk menyiapkan bibit sawit kualitas super untuk ditanam kembali," tuturnya. (Jul) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: