dempo

Tidak Sama, Ini Tanggal Perayaan Hari Raya Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

Tidak Sama, Ini Tanggal Perayaan Hari Raya Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

Ilustrasi. Tanggal perayaan idul Adha di berbagai negara --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Tanggal perayaan Idul Adha di berbagai negara dapat berbeda mengingat adanya perbedaan waktu antara masing-masing wilayah. 

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha, Mandiri Group Area Bengkulu Berkurban 5 Ekor Sapi

Secara umum, masyarakat Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Hari Raya Idul Adha ini merupakan perayaan terbesar kedua bagi umat Islam di seluruh dunia setelah Hari Raya Idul Fitri. 

Adanya perbedaan waktu ini dapat disebabkan oleh perbedaan letak geografis maupun pengamatan hilal sehingga tidak semua perayaan Idul Adha dilakukan secara serentak di seluruh dunia. 

BACA JUGA:Salat Idul Adha di Masjid Baitul Izzah Bengkulu Berlangsung Khidmat dan Tertib

Penentuan tanggal Idul Adha ini sangat penting apalagi di Arab Saudi lantatan hal ini menjadi penentu dari jutaan jamaah haji dari seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah haji. 

Meski penentuan tanggal dapat berbeda dan tidak serentak di seluruh dunia, namun makna yang ada di baliknya tetap sama untuk memperingati ketaatan serta pengorbanan Nabi Ibrahim lalu untuk berbagi kebahagiaan dan juga rezeki melalui penyembelihan hewan kurban

BACA JUGA:10 Tips Masak Daging Kambing agar Tak Bau, Salah Satunya Singkirkan Lemaknya

Di tahun 2024 ini, perayaan Idul Adha dilakukan pada tanggal 16 atau tanggal 17 Juni yang berbeda pada masing-masing negara. 

Di Indonesia, masyarakat merayakan Hari Raya Idul Adha ini pada hari Senin, 17 Juni 2024. Keputusan ini ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan hasil sidang isbat awal Dzulhijjah uang menetapkan 1 Dzulhijjah 1445 jatuh pada hari Sabtu 8 Juni 2024. 

BACA JUGA:Warga Binaan Rutan Kelas llB Bengkulu Antusias Ikuti Proses Pemotongan Hewan Kurban

Keputusan ini juga dilakukan oleh beberapa organisasi keagamaan masyarakat di Indonesia seperti Nahdatul Ulama (NU) dan juga Muhammadiyah. 

Pada beberapa negara lain, terdapat beberapa perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha. Berikut ulasan mengenai perbedaan waktu ini yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Jumlah Hewan Kurban di Provinsi Bengkulu Mencapai 11.531 Ekor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: