KPU

Makna Idul Adha dalam Menghayati Pengorbanan dan Keikhlasan

Makna Idul Adha dalam Menghayati Pengorbanan dan Keikhlasan

Idul Adha, yang dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu hari raya besar dalam agama Islam yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia.--(Sumber Foto: Dayang)

"Dan dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata bahwasanya Nabi SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha," (HR. Ibnu Majah). 

BACA JUGA:Hewan Kurban Iduladha di Kepahiang Sehat dan Aman untuk Dikonsumsi

Kedua, memakai pakaian yang terbaik dan wewangian. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: 

"Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR. Al-Hakim). 

Ketiga, mengumandangkan takbir. Takbiran Iduladha ini dilakukan sejak waktu fajar pada hari Arafah atau tanggal 9 Zulhijah hingga akhir hari tasyrik tanggal 13 Zulhijah. Keempat, Melaksanakan salat sunah Idul Adha. 

Sebagaimana hadits dari Ibnu Umar Ra, bahwa Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar Ra, mereka biasa melakukan salat dua hari raya sebelum berkhutbah. (HR Al Bukhari, Muslim, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan Muslim). 

BACA JUGA:Jumlah Hewan Kurban di Seluma Capai 1.213 Ekor, Kemenag: Lebih Banyak Dibanding Tahun Lalu

Kelima, makan setelah salat Idul Adha. Disunahkan menunda makan sebelum berangkat sholat Idul Adha sebagaimana diriwayatkan oleh Budairah bahwa Rasulullah SAW tidak berangkat pada hari Idulfitri sebelum makan terlebih dahulu dan beliau tidak makan pada waktu Iduladha kecuali setelah pulang dari salat Iduladha. 

Keenam, pergi dan pulang mengambil jalan yang berbeda. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits disampaikan, 

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Id, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang." (HR. Al Bukhari). 

BACA JUGA:Wahana Rainbow Slide di Bencoolen Indah Mall, Destinasi Liburan Keluarga yang Menarik

Dalam momen Idul Adha ini terdapat refleksi bagi umat Muslim untuk menghayati makna pengorbanan dan keikhlasan dalam kehidupan. Yakni melalui peringatan hari Raya Idul Adha ini, umat islam diajak untuk meneladani sikap Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah. 

Dengan menjalankan ibadah kurban dan berbagi dengan sesama, Idul Adha menjadi sarana untuk memperkuat iman, mempererat persaudaraan, dan menciptakan kesejahteraan sosial.

Semoga perayaan Idul Adha selalu menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, penuh pengorbanan, dan keikhlasan dalam menjalani kehidupan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: