dempo

Kroket hingga Ongol-ongol, Ini 9 Ide Camilan dari Singkong yang Paling Direkomendasikan

Kroket hingga Ongol-ongol, Ini 9 Ide Camilan dari Singkong yang Paling Direkomendasikan

Ilustrasi. Ide olahan camilan dari singkong.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut ide olahan camilan dari singkong yang paling direkomendasikan, ada kroket hingga ongol-ongol, simak penjelasannya di sini.

Singkong memiliki nama latin Manihot utilisima dan berasal dari Amerika yang kemudian menyebar ke daerah Brasil, Paraguay, Andes, termasuk Indonesia.

Dikatakan, singkong sudah dinikmati sebagai camilan yang lezat sejak abad 18 sebelum Masehi dan menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia.

Ubi kayu ini dapat di olah menjadi barbagai macam jenis camilan yang lezat dan sehat.

BACA JUGA: 5 Ide Olahan Labu Siam, Hidangan Sederhana yang Enak, Cek Resepnya

Selain kroket dan ongol-ongol olahan singkong yang populer di Indonesia adalah getuk. Memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut membuat camilan satu ini disenangi.

Seiring berkembangnya zaman, olahan berbahan dasar singkong semakin banyak dan menawarkan rasa yang beragam dan sudah pasti enak.

Adapun olahan dari singkong selain getuk adalah ketimus, donat, lemet, dan jemblem.

Dilansir dari laman resmi kompas.com, berikut olahan camilan singkong rekomendasi untuk temani waktu santai:

BACA JUGA:Pernah Makan Asinan Buah Lontar? Olahan Lezat yang Menyegarkan, Cek Resepnya

1. Kroket singkong

Rekomindasi camilan singkong enak yang pertama adalah kroket singkong. Diketahui, ubi kayu atau singkong bisa diolah menjadi kroket yang lezat.

Mengkonsumsi kroket sembari bersantai sangat menyenangkan, camilan satu ini juga cukup mudah dibuat, kamu hanya perlu menghaluskan semua bahan kemudian adonan tersebut dibentuk menjadi kroket lalu digoreng.

Selain itu, bahan pendukung dalam pembuatan kroket singkong juga sangat mudah dicari dan terjangkau.

2. Ketimus

Rekomendasi camilan dari singkong berikutnya adalah ketimus. Olahan satu ini tidak kalah lezat dari kroket, memiliki rasa yang manis dan legit sangat cocok untuk kamu yang menyuka camilan manis.

BACA JUGA:Resep Membuat Camilan Enak dan Gurih, Coba Bikin Keripik Pisang Manis Ini

Tidak hanya lezat, ketimus juga memiliki aroma yang wangi karena dibalut dengan daun pisang. Cara membuat ketimus cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan bahan-bahannya kemudian kukus selama kurang lebih 20 menit.

3. Lemet singkong

Rekomendasi camilan dari singkong selanjutnya adalah lemet singkong. Olahan satu ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur sedikit lengket dan kenyal.

Sebagai informasi, lemet singkong biasanya dibuat dari gula merah yang dicincang alus dan dicampur dengan kelapa parut.

BACA JUGA:Cobain Resep Ayam Teriyaki Ini, Masakan Rumahan yang Enak dan Bikin Nagih

4. Getuk keju 

Selain lemet, camilan lain dari singkong yang lezat selanjutnya adalah getuk keju. Camilan satu ini merupakan modifikasi dari jajanan jadul zaman dulu.

Singkong menjadi bahan utama dari pembuatan getuk, keju adalah bahan pendukung sebagai bentuk modifikasi dari camilan satu ini.

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dari getuk biasa, hanya saja ditambahkan keju agar rasanya lebih creamy.

5. Getuk goreng 

Rekomendasi camilan dari singkong berikutnya adalah getuk goreng. Siapa yang tidak suka dengan camilan satu ini, getuk sudah sangat terkenal dan menjadi kesukaan banyak orang sejak dahulu.

BACA JUGA:Khusus Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Coba 5 Resep Masakan Sehat Ini, Dijamin Aman Turunkan Gejalanya

Rasanya yang lezat membuat camilan satu ini cocok menemani waktu santai. Getuk goreng bisa diolah dengan tambahan rasa lain seperti coklat, durian, nangka dan rasa lainnya.

6. Getuk lindri 

Rekomendasi camilan dari singkong lainnya adalah getuk lindri. Rasanya yang manis membuat penikmat manis sangat menikmati camilan satu ini, cocok untuk teman santai.

Olahan getuk memang sudah banyak dimodifikasi namun bahan dasarnya tetap mengunakan singkong. Selain itu, cara membuatnya juga simpel dan bahannya mudah dicari.

BACA JUGA:5 Resep Olahan Buah Lontar yang Lezat dan Segar, Ada Puding hingga Es, Yuk Recook

7. Jemblem

Rekomendasi camilan dari singkong selanjutnya adalah jemblem. Makanan tradisional ini menjadi salah satu yang disukai hingga saat ini.

Rasanya manis dan gurih dengan tekstur renyah di luar namun empuk di dalam. Camilan satu ini sangat cocok dinikmati pada waktu santai apalagi saat cuaca dingin.  

8. Donat tape singkong 

Rekomendasi camilan dari singkong yang lezat lainnya adalah donat tape singkong. Anak zaman sekarang belum banyak yang tahu kalau cemilan satu ini sangat lezat.

BACA JUGA:Ini 3 Resep Aneka Olahan Buah Mangga Selain Jus, Mudah Dibuat dan Menyehatkan

Jika biasanya donat memiliki rasa yang manis seperti coklat, stroberi, matca dan lainnya, namun berbeda dengan donat dari singkong ini.

Donat tape singkong memiliki rasa yang khas, perpaduan rasa tape dan singkong menjadikannya lezat dan unik.

9. Ongol-ongol singkong 

Rekomendasi camilan dari singkong yang terakhir adalah ongol-ongol. Siapa yang tidak kenal dengan camilan satu ini, memiliki rasa yang manis dengan tekstur kenyal membuat ongol-ongol disenangi berbagai kalangan.

BACA JUGA:Enaknya, Cek 4 Resep Membuat Minuman Olahan Pisang Ini, Simple dan Menyegarkan

Bahan dasar pembuatan ongol-ongol sebenarnya tepung sagu, namun bisa diganti dengan singkong. Camilan satu ini cocok untuk jadi teman ngeteh atau ngopi di waktu santai.

Itulah rekomendasi camilan dari singkong yang lezat, cocok untuk menemani saat santai. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: