KPU

6 Tanda Anak Alami Stunting, Salah Satunya Pertumbuhan Anak yang Melambat

6 Tanda Anak Alami Stunting, Salah Satunya Pertumbuhan Anak yang Melambat

6 tanda anak alami stunting, salah satunya pertumbuhan anak yang melambat--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengetahui tanda anak mengalami stunting merupakan hal yang perlu dilakukan oleh orang tua karena hal tersebut dapat membantu untuk menemukan jalan keluar dan mengatasi masalah ini secepat mungkin. 

BACA JUGA:Yuk Kenali Lebih Dekat Masalah Stunting pada Anak yang Ganggu Tumbuh Kembang Mereka

Anak stunting sendiri masih menjadi masalah kesehatan global termasuk di Indonesia. Bahkan pada tahun 2022 lalu, Indonesia lalu menempati urutan ke-4 sebagai negara penyumbang stunting terbesar di dunia setelah India, Nigeria, dan juga Pakistan. 

Stunting merupakan suatu kondisi gizi kronis yang dapat terjadi karena kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. 

BACA JUGA:7 Makanan untuk Cegah Stunting pada Anak, Ada Tempe Tahu hingga Sayuran

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang tua yang tidak mengenai apa itu stunting dan juga ciri yang terjadi pada anak yang mengalami stunting.

Padahal mengetahui hal ini penting untuk dilakukan agar orang tua dapat menghindari kondisi ini, terutama oleh pasangan yang hendak menikah atau mereka yang mempersiapkan kehamilan

BACA JUGA:6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

Stunting juga dapat menjadi penyebab tinggi badan anak menjadi terhambat sehingga anak akan terlihat lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

Tidak jarang para orang tua dan sebagian masyarakat justru menganggap jika tubuh anak yang pendek tersebut merupakan sebuah faktor genetika yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. 

BACA JUGA:Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

Untuk itu, para orang tua perlu mengetahui tanda atau ciri anak mengalami stunting agar dapat menemukan jalan keluar untuk menangani hal tersebut sedini mungkin. 

Berikut telah BETV rangkum beberapa informasi mengenai tanda anak mengalami stunting yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:6 Faktor Penyebab Stunting pada Anak, Hindari Sejak Dini Agar Anak Lahir Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: