KPU

Bumil Wajib Tahu! 6 Cara Ini Dapat Bantu Cegah Anak Lahir Stunting

Bumil Wajib Tahu! 6 Cara Ini Dapat Bantu Cegah Anak Lahir Stunting

Bumil wajib tahu! 6 cara ini dapat bantu cegah anak lahir stunting--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ibu hamil perlu mengetahui cara mencegah stunting pada anak yang dimulai dari masa kehamilan

BACA JUGA:Calon Orang Tua Perlu Hati-hati! 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Anak Alami Stunting

Mengetahui hal ini penting dilakukan agar anak tidak lahir stunting, terlebih lagi stunting merupakan salah satu masalah yang tidak dapat diperbaiki.

Stunting adalah suatu kondisi gizi kronis yang dapat terjadi karena kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. 

BACA JUGA:Yuk Kenali Lebih Dekat Masalah Stunting pada Anak yang Ganggu Tumbuh Kembang Mereka

Tidak hanya itu, stunting juga dapat menjadi penyebab tinggi badan anak menjadi terhambat sehingga anak akan terlihat lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

Namun tidak jarang para orang tua dan sebagian masyarakat justru menganggap jika tubuh anak yang pendek tersebut merupakan sebuah faktor genetika yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan

BACA JUGA:7 Makanan untuk Cegah Stunting pada Anak, Ada Tempe Tahu hingga Sayuran

Orang tua tidak tahu jika faktor genetika hanya memberikan pengaruh kecil pada kondisi kesehatan seseorang apabila dibandingkan dengan faktor lingkungan dan juga pelayanan kesehatan. 

Stunting ini mulai terjadi pada saat anak masih berada di dalam kandungan dan akan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun sehingga stunting menjadi salah satu masalah bangsa yang rumit karena tidak bisa diperbaiki terutama setelah anak mencapai usia dua tahun. 

BACA JUGA:6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk memiliki bekal ilmu pengetahuan dan pemahaman mengenai stunting pada anak agar dapat segera menemukan ciri anak stunting ini sedini mungkin agar dapat diatasi. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh sebab itu sebaiknya orang tua melakukan tindakan pencegahan agar dapat mengurangi resiko anak terkena stunting.

BACA JUGA:Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: